JA.com, Padang (Sumatera Barat)--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang melalui program "Padang Cerdas" salurkan dana pendidikan sebesar Rp1,6 miliar untuk 2.220 pelajar di daerah  kota padang, di Mesjid Nurul Iman, Sabtu (13/10/2018).

Penyaluran dana ini dilakukan berupa beasiswa bagi pelajar tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas baik yang dikelola Dinas Pendidikan maupun Kantor Kemenag Kota Padang.

Sebesar Rp1,4 miliar disalurkan dalam bentuk besasiswa dan sisanya dalam bentuk perlengkapan sekolah mereka. Setiap tingkatan akan diberikan dana pendidikan masing-masing anak untuk tingkat dasar sebesar Rp600 ribu, untuk sekolah menengah Rp800 ribu dan tingkat menegah atas Rp1 juta.

Selain itu pihaknya juga memberikan alat keperluan sekolah berupa tas, perlengkapan belajar, Al Quran dan perlengkapan sholat.

"Kami berharap dana ini dapat menstimulasi anak-anak berprestasi namun terhambat masalah ekonomi dapat meraih cita-citanya. Mereka tambah bersemangat belajar dan meraih cita-cita," kata Ketua Baznas Padang Epi Santoso.

"Sudah sekitar 68 persen dari target yang telah ditentukan telah terkumpul," jelasnya.

Zakat yang dikumpulkan berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Padang. Kemudian sisanya, baru dari masyarakat, pengusaha, pihak ketiga dan lainnya. Untuk itu, pihaknya terus mengajak masyarakat dan pengusaha menyalurkan zakat mereka melalui Baznas.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mendorong langkah Baznas agar lebih transparan dalam mengelola dana umat sehingga masyarakat mempercayakan zakat mereka dikelola oleh Baznas.

"Kita terus mendorong langkah Baznas menghimpun zakat masyarakat dan terus meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam mengelola zakat umat," kata dia.

Ikut hadir wakil walikota Emzalmi, Mewakili Dinas Pendidikan dan wali murid sekolah. (Eli).
 
Top