JA.com, Pasbar (Sumatera Barat) - Kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melalui Dinas Kesehatan Pasaman Barat gandeng Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Aliansi Pita Putih Indonesia. Bertempat di Kecamatan Sungai Aur, Jumat (19/10/2018).

"Germas dikampanyekan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui penerapan pola hidup sehat,” sebut Wakil Bupati Pasaman Barat, H. Yulianto saat membuka secara resmi kampanye Germas.

Yulianto memandang, hal tersebut perlu disekseskan ditengah masyarakat Pasaman Barat. Sebab, perubahan pola hidup masyarakat telah jauh berobah hingga saat ini. Sehingga banyak masyarakat yang rentan terkena penyakit menular yang lebih berbahaya.

Lanjutnya, pola hidup sudah jauh berubah seiring kemajuan zaman, sehingga banyak masyarakat kurang melakukan aktifitas fisik. Padahal untuk meraih pola hidup sehat, kita harus penuhi indikator yang telah ditetapkan dalam Germas," kata Yulianto.

Menurutnya, jika derajat kesehatan masyarakat menurun akibat berbagai penyakit tidak menular, maka secara langsung hal tersebut akan berdampak pada menurunnya produktifitas masyarakat.

"Produktifitas yang menurun akan berdampak pada kesejahteraan sosial karena kondisi ekonomi yang memburuk," tukasnya.

"Mari sama-sama kita terus sukseskan Germas. Penuhi indikatornya yakni melakukan aktifitas fisik selama 30 menit setiap hari, konsumsi buah dan sayur, cek kesehatan secara rutin, tidak merokok dan menggunakan jamban yang bersih," ajak Yulianto.

Sementara, perwakilan Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat, Ade Prima menyampaikan, Germas diimplementasikan untuk mengikuti peraturan Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat," ucapnya.

"Saat ini telah terjadi pergeseran pola penyakit dari tahun  1990 sampai sekarang. Dahulu kita takut dengan penyakit menular, sekarang tidak lagi, justru yang mengancam kesehatan masyarakat saat ini adalah penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol, stroke dan sebagainya," ungkap Ade.

Ade berharap, Germas yang dikampanyekan bukan hanya sebatas seremonial belaka, namun akan benar-benar terimplementasikan dalam kehidupan masyarakat.

Turut hadir, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Pasbar, Irwan, Asisten Administrasi, Raf'an, Ketua TP.PKK Pasbar, Yunisra Syahiran, Ketua Gow Pasbar, Sifrowati, Camat Sungai Aur, Yandra Hanafi, Wali Nagari Sungai Aur, Kepala Jorong se Kecamatan Sungai Aur, Tokoh Masyarakat dan sejumlah pelajar. (Hms/Irf)
 
Top