JA.com Padangpanjang ( sumatera Barat)- Sekolah swasta yang terdapat di Kota Padangpanjang, dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2018 ini masih akan dilebur pada sekolah-sekolah negeri..

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Padangpanjang, Desmon menyebutkan ke tiga sekolah swasta tersebut masih belum memadai untuk menyelenggarakan UNBK mandiri. Yakni SMP Merapi, SMP Jihad dan SMP Quran, akan digabungkan pada sejumlah sekolah negeri nantinya.

“Jika pada UNBK Tahun Ajaran 2016/2017 kemarin, untuk sekolah negeri saja di Padangpanjang masih belum seluruhnya sebagai panitia penyelenggara. Namun tahun ini, alhamdulillah semua sekolah negeri pada tahun ini sudah dapat menyelenggarakan sendiri. Hanya tinggal tiga sekolah swasta yang masih harus menumpang,” ujar Desmon,

Dikatakannya untuk melaksanakan UBK, sekolah terkait harus memiliki kelengkapan sarana komputer yang sesuai dengan standarisasi panitia pusat. Selain itu, selaku panitia penyelenggara ujian, sekolah terkait juga harus didukung kualitas dan kuantitias SDM operator berkemampuan baik dalm mengoperasikan sistem dan aplikasi yang digunakan peserta ujian.

Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang yang merupakan salah satu visinya menjadi sebagai salah satu daerah tujuan pendidikan, dalam hal ini terus melakukan terobosan dan pengembangan sistem pendidikan. Salah satunya penyelenggaraan ujian berbasis komputer secara merata di setiap sekolah.

“Selain terus meningkatkan sarana prasarana sekolah, termasuk pengembangan penggunaan perangkat tekhnologi dalam proses belajar mengajar (PBM). UNBK secara merata dapat diselenggarakan di sekolah negeri, juga merupakan salah satu bentuk pengembangan komitmen di dunia pendidikan yang berbasis tekhnologi,” ucap Desmon.


Sementara terkait jumlah peserta didikan tingkat dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada agenda UNBK mendatang, hingga saat ini dinas terkait masih dalam proses input data nominatif sementara.

“Secara total pasti, nanti akan kita ketahui saat proses input yang dilakukan operator di dinas tuntas dilakukan,” pungkas Desmon. (rj)
 
Top