JA.com, Pasbar - Ribuan masyarakat Pasaman Barat antusias mengikuti penutupan Festival Pesona Air Bangis 2018 yang berlangsung di kawasan Lapangan Pantai Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Minggu (28/10/2018) sore.

Festival ini diselenggarakan selama tiga hari, yang dimulai dari Jumat 26 hingga Minggu 28/10 yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Pasaman Barat. Festival Pesona Air Bangis ini digelar untuk kedua kalinya karena sebelumnya telah menunjukkan kesuksesan yang cukup memuaskan.

Bupati Pasaman Barat, H. Syahiran mengatakan, Festival Pesona Air Bangis diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan kebudayaan dan pariwisata dalam konsep wisata yang islami di Pasbar kepada masyarakat luar.

"Sudah saatnya potensi wisata Pasbar yang sangat indah ini kita promosikan. Seperti kawasan wisata pesisir pantai dan pulau-pulau yang ada di Air Bangis yang memiliki keindahan yang tak kalah menariknya jika dibandingkan dengan daerah lain.

Disamping itu, Air Bangis memiliki ciri khas yang unik yakni destinasi pariwisata dengan sebutan Negeri Sembilan. Keunikan Negeri Sembilan nya seperti Sembilan Pulau, Sembilan Kampung, Sembilan Ulama, Sembilan Teluk, Sembilan Batu, Sembilan Muaro, Sembilan Gunung, dan Sembilan Ujung.

Dengan potensi tersebut kekhasan Pantai Air Bangis sangat layak dijadikan tujuan wisata. "Kita miliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Untuk itu, sudah saatnya kita berpikir bahwa pariwisata bukanlah suatu hal yang tabu untuk dikembangkan.

Berbagai hasil laut dan produk kerajinan lokal yang dikelola masyarakat secara swadaya juga akan mendapati wadah promosi dan penjualan yang lebih efisien.

"Salah satu ikon Pasbar yang berasal dari Nagari Air Bangis yakni, Sulam Emas Air Bangis, Ikan Asin Talang dan Udang Kwalitas Ekspor yang merupakan potensi sekaligus kearifan lokal yang punya harga jual yang sangat tinggi ketika dipasarkan. Selain itu Air bagis terkenal dengan wilayah potensi biji besi.

Tentunya potensi tersebut harus terus diangkat dan dikembangkan secara maksimal dari waktu demi waktu.

Meskipun hal tersebut memakan waktu yang mungkin relatif panjang, berkaca pada pengalaman daerah lain. Namun hal tersebut tentunya tidak akan menjadi kendala yang berarti.

"Terima kasih untuk sambutan masyarakat yang sangat meriah terhadap hadirnya festival Pesona Air Bangis. Terima kasih untuk seluruh komponen yang ikut menyukseskan acara. Masa yang akan datang Pesona Air Bangis semoga akan menjadi ikon dan momentum promosi wisata Pasbar yang digemari banyak orang," sebutnya.

"Festival Pesona Air Bangis sudah berjalan dengan sangat baik. Ada banyak bakat yang dimiliki masyarakat Pasbar yang ditampilkan di sini. Semoga kegiatan ini menjadi langkah besar dalam sejarah perkembangan pariwisata Pasbar," harapnya.

Sementara itu, Camat Sungai Beremas, Yulhamnas mengatakan, festival Pesona Air Bangis juga dimeriahkan dengan rangkain perlombaan seperti lomba prakarya barang bekas, lomba memasak gulai kepala ikan, lomba baju basiba, lomba lagu daerah, lomba band, lomba melukis tingkat Taman Kanak-kanak dan lain-lain.

"Kita berharap acara ini akan berlanjut di masa yang akan datang karena banyaknya manfaat yang diperoleh seperti pengenalan potensi wisata yang ada, ajang silaturahmi Pemkab Pasbar bersama masyarakat dan menjadi ajang pencarian bakat generasi Pasaman Barat.

Turut dihadiri, Sekda Pasaman Barat, Andrinaldi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Rafa'an, Asisten Administrasi, Irwan Nasution, Ketua TP.PKK Pasbar, Yunisra Syahiran, PLH Kadis Pariwisata, Defi Irawan, Kabag Humas, Yosmar Difia, Kabag Umum, Faisal, Camat Sungai Beremas, Yulhamnas, Wali Nagari Air Bangis, Efif Syahrial dan TNI-Polri. (Fan)
 
Top