JA.com, Pasbar - Festival Pesona Air Bangis Tahun 2018 resmi dibuka Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Sumatera Barat, H. Syahiran, di Kecamatan Sungai Beremas, Jum'at (26/10).

Acara Festival Air Bangis ini dilaksanakan selama tiga (3) hari, di mulai dari tangal 26 hingga 28 Oktober 2018. Berbagai kegiatan lomba diadakan dalam Festival ini, yakni Lomba memasak gulai kepala ikan, Lomba baju kurung basiba, Lomba mewarnai tingkat TK, Lomba tari kreasi dan Lomba lagu daerah. Kegiatan festival ini juga mendatangkan artis Lokal dan Ibukota.

"Air Bangis  merupakan sebuah objek wisata unggulan di Kabupaten Pasbar dan juga sudah terkenal di ingkat Provinsi maupun Nasional. Hal inilah menjadi dasar makanya Festival Air Bangis ini diadakan," sebut Syahiran dalam sambutannya.

Lanjut Syahiran, kegiatan Festival Pesona Air Bangis ini merupakan kegiatan event tahunan di wilayah Air Bangis kecamatan Sungai Beremas. "Festival Air Bangis ini diharapkan akan menjadi agenda khusus tahunan bagi Pemkab Pasbar.

Selain itu, Festival Air Bangis ini bertujuan untuk menampilkan kearifan lokal, serta kekayaan alam seni dan budaya masyarakat pesisir yang bisa menjadikan daya tarik tersendiri. Sehingga dapat menjadikan aset kepariwisataan Pasaman Barat," terang Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, Event dan Pameran seperti ini selain bertujuan sebagai ajang promosi. Disisi lain sebagai salah satu sarana silaturahmi, hiburan dan rekreasi bagi masyarakat serta mengenalkan produk-produk unggulan Pasbar. "Sehingga mampu untuk menarik dan mendatangkan investor lokal dan asing ke kabupaten Pasaman Barat," jelasnya.

Disamping itu, Dinas Parawisata Pasbar dapat memikirkan cara untuk menaikkan wisata pantai sasak dan pantai muaro binguang. Sehingga dapat menjadi wilayah parawisata yang bisa bersaing di tingkat nasional, agar dapat mendongkrak perekonomian masyarakat didaerah pesisir pasbar.

Bupati menghimbau, agar pedagang sekitar lokasi acara, untuk tidak menetapkan harga tinggi kepada para konsumen, serta kepada juru parkir jangan sampai menetapkan harga parkir sembarangan. Supaya wilayah pantai air bangis ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

"Selain itu, seluruh elemen yang ada di kecamatan sungai beremas untuk selalu solid dan kompak. Agar Kecamatan Sungai Beremas ini semakin maju dan berkembang kedepannya. Pungkas Syahiran

Turut dihadiri Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto, Ketua TP. PKK Pasaman Barat sekaligus angota DPRD Pasbar Yunisra Syahiran, Ketua GOW Pasbar Sifro Wati Yulianto, Plt. Kadis Parawisata Devi Irawan, Camat Sungai Beremas, Walinagari Air Bangis serta Niniak Mamak Alim Ulama se-Kecamatan Sungai Beremas. (Fan/Hms)
 
Top