JA.com, Pasbar - Ketua Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Nevi Zuairina membuka secara resmi Festival Anak Sholeh di Jorong Giri Maju Nagari Persiapan Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sabtu (27/10).

Turut hadir Ketua Himpaudi Pasaman Barat (Pasbar), Yunisra Syahiran, Kepala Dinas Pendidikan Pasbar, Marimus, Camat Luhak Nan Duo, M. Hanif, Wali Nagari Persiapan Giri Maju, Samsul Bahri, Tokoh Masyarakat dan Tenaga Pendidik PAUD se-Pasbar.

"Kegiatan ini sangat bagus terutama dalam membentuk karakter dan kepemimpinan pada anak," kata Nevi Zuairina dalam sambutan.

Menurut nya, pada tahun 2030 mendatang anak-anak yang sedang kita didik sekarang akan menjadi pemimpin masa depan. Diantara mereka ada yang akan jadi Gubernur, Bupati dan sebagainya.

Maka, mari kita berupaya membentuk karakter pemimpin pada anak, dengan kepemipinan yang berlandaskan kemampuan berpikir bukan mengandalkan otot," ujar Nevi.

Sementara Ketua Himpaudi Pasbar, Yunisra Syahiran mengajak segenap masyarakat untuk melakukan berbagai macam gerakan yang dimotori oleh masyarakat, terutama kaum Ibu di dalam rumah tangga.

"Ayo Ibu-Ibu kita gerakkan berbagai macam gerakan yang bisa kita terapkan mulai dari lingkungan keluarga sendiri, seperti contoh gerakan masyarakat membaca buku. Ibu-Ibu ajak anak-anaknya untuk giat membaca buku," ajak Yunisra.

Menurutnya, gerakan santun sangat perlu diterapkan oleh orang tua di dalam keluarga. Hal tersebut akan menjadi sebuah gerakan yang dapat mendidik dan membina mental dan karakter anak untuk menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur.

Sebab, orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak. Maka, orang tua harus menjadi tauladan yang baik. Awali generasi kita dengan pendidikan yang baik. Sehingga akan lebih baik kedepannya. (Fan/Hms)
 
Top