JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Warga perumahan Bukit Bintang Rizano (BBR) Bukit Gombak, Jumat (31/05/2024) adakan doa bersama. Kegiatan sakral itu dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Dandim 0307 TD Letkol Inf. Agus Prio Pujo Sumedi, Komandan dan prajurit Denzipur DD 1 Bukit Barisan, Wali Nagari Baringin beserta jajaran, warga komplek dan undangan lainnya.

Perwakilan Warga, Dodi Remaja menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan juga TNI serta seluruh yang terlibat dalam pembangunan jembatan Bailey tersebut.

"Saya mewakili seluruh warga komplek menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada pak Bupati, pak Dandim dan Denzipur DD 1 Bukit Barisan serta semua yang terlibat atas selesainya pembangunan jembatan ini. Alhamdulillah setelah beberapa hari akses ke komplek terputus pasca bencana banjir bandang dan longsor, hari ini akses kembali terbuka," katanya.

Dikatakan, Dodi Remaja sebelumnya memang warga bersama Pemerintah Nagari telah bergotong royong untuk membangun jembatan darurat dari batang kelapa, namun itu sifatnya sementara dan cuma bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Alhamdulillah, hari ini jembatan Bailey sudah terpasang dan bisa dilewati kendaraan roda 4, sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Pak Bupati," ujarnya.

Ia, menyampaikan permohonan maaf kepada komandan dan seluruh prajurit Yonzipur DD 1 Bukit Barisan, karena selama beberapa hari bekerja keras membuat jembatan warga tidak bisa membantu dengan maksimal.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Wali Nagari Baringin Rahmat Aliyah Andri Dt. Peto Kayo.

Sementara, Dandim Letkol Inf. Agus Prio Pujo Sumedi atas nama pribadi dan institusi TNI di wilayah Kodim 0307 TD sangat mengapresiasi atas apa yang telah dikerjakan oleh Yonzipur DD 1 Bukit Barisan.

"Terima kasih atas jerih payah seluruh prajurit dalam mendarmabaktikan diri untuk kesejahteraan masyarakat. Ini juga merupakan salah satu bentuk bakti TNI," katanya.

Selanjutnya, Letkol Pujo juga menyampaikan permohonan maaf atas nama seluruh prajurit kepada masyarakat.

Sementara itu, Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNPB, Pangdam 1 Bukit Barisan, Danrem 032 Wirabraja, Dandim 0307 TD, Yonzipur DD 1 Bukit Barisan dan masyarakat yang telah bahu membahu untuk melakukan normalisasi pasca bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi.

Ia, mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat jembatan ini secara bersama-sama.

"Ke depan mari kita jaga jembatan ini secara bersama-sama, Insya Allah nanti kita akan mendapatkan bantuan jembatan permanen untuk kita bangun disini," katanya.

Bupati Eka Putra juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada, karena kondisi curah hujan masih cukup tinggi.

"Untuk antisipasi adanya bencana susulan, kita sudah melakukan mitigasi dan membentuk tim ekspedisi penelusuran alur sungai yang berhulu ke gunung Marapi. Kita memang tidak bisa melawan takdir, namun setidaknya kita bisa meminimalisir dampaknya," tutupnya. (MG)
 
Top