JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pasca terjadinya bencana alam banjir bandang dan longsor di kabupaten Tanah Datar, bantuan kemanusiaan masih terus berdatangan dan salah satunya datang dari IKTD bersama IKMR Kota Dumai dan Pemko Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Saya mewakili segenap masyarakat Tanah Datar mengucapkan ribuan terima kasih atas bantuan ini. Bantuan ini sangat berarti bagi kami dan akan segera kami salurkan kepada warga yang sedang membutuhkan," kata Bupati Eka Putra saat menerima bantuan tersebut, kemarin.

Ia, bersama Ketua DPRD Tanah Datar H. Rony Mulyadi dan Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra mendoakan semoga seluruh perantau IKTD dan IKMR Kota Dumai diberikan rezeki yang berlimpah, sukses dalam berkarir dan berusaha serta selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT.

Ketua IKTD Kota Dumai, Provinsi Riau H. Yuhandri, SP pada kesempatan itu menyampaikan ucapan turut belasungkawa atas bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Datar.

"Atas bencana alam banjir bandang dan longsor yang telah merenggut nyawa beberapa orang saudara kami dan juga harta benda lainnya, Saya mewakili seluruh warga IKTD dan IKMR Kota Dumai menyampaikan rasa duka yang mendalam. Mudah-mudahan apa yang kami berikan ini walaupun sedikit hendaknya bisa membantu untuk meringankan beban saudara-saudara kami yang ada di sini," katanya.

Dikatakan, bantuan yang berhasil dikumpulkan oleh Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) bersama Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) dan Ikatan Pemuda Tanah Datar (IPTD) Kota Dumai total berupa uang tunai ditambah sembako satu mobil.

"Bantuan yang berhasil kami kumpulkan dari IKTD Kota Dumai sebanyak Rp. 60 juta dan dari IKMR Rp. 37.5 juta, ditambah satu Colt Diesel berupa barang-barang seperti pakaian dan sembako. Alhamdulillah, seluruh anggota IKTD Kota Dumai dan IKMR Kota Dumai ikut berpartisipasi didalam kegiatan sosial penggalangan dana untuk saudara kami yang ada di sini. Semoga ini bisa bermanfaat bagi saudara kami disini dan menjadi amal ibadah bagi yang memberikan," ucapnya.

Senada, Walikota Pekanbaru yang diwakili Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra. Dia menyampaikan terima kasih atas kesediaan pak Bupati menerima langsung kedatangannya dalam rangka menyerahkan bantuan kemanusiaan yang bersumber dari sumbangan ASN dan masyarakat Kota Pekanbaru.

"Alhamdulillah, kehadiran kami disini disambut langsung oleh pak Bupati Eka Putra. Kami turut merasa prihatin atas bencana banjir bandang dan longsor yang melanda kabupaten Tanah Datar," katanya.

Ia menjelaskan, hari ini Pemko Pekanbaru selain memberikan bantuan untuk Kabupaten Tanah Datar juga memberikan bantuan ke dua daerah lainnya yakni Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang.

"Hari ini bantuan yang kami bawa untuk kabupaten Tanah Datar adalah 1000 paket beras, 1000 dus Indomie dan 1000 paket minyak goreng 1 kg. Selain itu kami juga membawa bantuan dari masyarakat Kota Pekanbaru berupa sembako dan pakaian layak pakai," terangnya.

Diakhir penyampaiannya, Zarman menyampaikan permohonan maaf dari Walikota Pekanbaru yang tidak bisa hadir langsung ke Tanah Datar dan berharap bantuan yang diberikannya mampu membantu untuk meringankan beban masyarakat Tanah Datar yang sedang tertimpa musibah. (MG)
 
Top