JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)-- Bupati Tanah Datar Eka Putra kunjungi salah satu jembatan rusak di Nagari, Singgalang, Kecamatan X Koto, kemarin.

Ia, didampingi Kadis PU PR Ten Feri, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Camat X Koto M. Yahya, Wali Nagari Singgalang Seri Mesra dan beberapa OPD terkair lainnya.

Wali Nagari Singgalang Seri Mesra menyampaikan, jembatan penghubung Nagari Singgalang dan Kota Padangpanjang via Lubuk Mata Kucing kondisinya rusak tergeser karena banjir bandang beberapa waktu lalu.

"Jembatan ini akses utama kami terdekat ke Kota Padangpanjang Pak, kondisi tergeser diterjang air, meski masih bisa dilalui kendaraan roda dua, kami kwatir tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, padahal ini akses utama kami Pak, mohon solusinya," katanya.

Sementara itu, Bupati Eka Putra mengatakan, akan menugaskan dinas PU PR untuk mensurvei kondisi jembatan penghubung tersebut.

"Memang akibat bencana banjir bandang dan galodo banyak jembatan yang rusak bahkan dihanyutkan air. Dan, jembatan ini salah satu yang rusak, kita akan kaji kondisi dan langkah antisipasinya," katanya.

Dikatakan, untuk saat ini diharapkan masyarakat memanfaatkan alternatif jalan lain via Nagari Koto Laweh yang sudah dipasang jembatan Bailey nya.

"Untuk sementara, Saya harap mau memanfaatkan jalur alternatif via Nagari Koto Laweh, karena jembatan via lubuk mata kucing sekiranya diperbaiki akan memakan waktu relatif lama dan lagian kondisi jalanpun di lokasi itu terputus tidak bisa dilalui kendaraan," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya telah mencatat tentang kondisi jembatan tersebut, dan sekiranya memang perlu di bangun baru, akan dilakulan langkah tersebut.

"Saya minta masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja, terutama banjir bandang dan longsor. Segera jauhi dan tingkatkan kewaspadaan ketika beraktitas di bantaran sungai, apalagi terjadi hujan," pesannya.

Selanjutnya Bupati bersama rombongan juga meninjau progres pembangunan jalan di Lembah Anai dan juga menyempatkan waktu untuk berdialog bersama warga dan memberikan bantuan logistik secara simbolis.

Sekedar diketahui, dari yang tercatat 36 unit jemnbatan yang mengalami kerusakan ringan sampai berat, salah satunya jembatan penghubung sekaligus pintu masuk ke Nagari Singgalang dari kota Padangpanjang. (MG)
 
Top