JA.com, (Solsel) - TP-PKK Kabupaten Solsel bekerjama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Selatan menggelar “Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim,”. Kegiatan ini di selenggarakan di sejumlah Puskesmas yang di daerah tersebut. Selain mendapatkan pemeriksaan gratis, pengunjung yang mayoritas ibu-ibu muda itu juga diberi penyuluhan tentang pencegahan sejak dini kanker mulut rahim atau kanker serviks.

Kegiatan ini sosial ini dibuka Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan Ny.Suriati Muzni Zakaria bertempat di Puskemas pembantu, Nagari Lubuak Gadang timur Kecamatan Sangir.

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV PKK Solsel Ny. Eyi Novirman, memyebutkan pihaknya telah melaksanakan serangkaian pemeriksaan dibeberapa nagari di Kecamatan yang ada di Solsel.

Dari kegiatan tersebur tercatat yang sudah melakukan pemeriksaan semenjak bulan Pebruari lalu hingga Jumat (10/3) lebih kurang 1060 orang. Dari sejumlah demikian terdeteksi ada lima (5) orang positif. Terlaksananya kegiatan pemeriksaan  kanker leher rahim berkat dukungan tenaga ahli kesehatan dari puskesmas yang ada di Solok Selatan, serta dukungan Dinas Kesehatan Solok Selatan, Wali Nagari, Camat serta ketua TP PKK di setiap tingkatan di Kecamatan di Solok Selatan.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan, Ny. Suriati Muzni Zakaria mengapresiasi dukungan yang telah diberikan jajaran Dinas Kesehatan Solok Selatan hingga terwujudnya pelayanan kesehatan untuk warga masyarakat kami di kelompok PKK. Selain itu, juga ucapan terima kasih kepada Wali Nagari dan Camat se-Solok Selatan yang telah mendukung terlaksananya kegiatan gerakan PKK, terutama pada kegiata pemeriksaan Iva tes yang merupakan kerjasama Pemerintah dengan PKK dalam bulan bakti Dasawisma tahun ini.

Pujian terima kasih atas dukungan ini, bukan tidak beralasan. Tingginya kesadaran masyarakat datang sendiri ke puskesmas untuk pemeriksaan kanker servik ini, adalah bagian dari kelanjutan sosialisasi tentang  kanker mulut rahim pada bulan Pebruari yang digelar Tim Penggerak PKK Solok Selatan dan Dinas Kesehatan Solok Selatan, kata Ny. Suriati Muzni.

Dikesempatan itu, Ny. Suriati Muzni juga menjelaskan bahwa dalam rangka bulan bakti dasawisma di Solok Selatan telah dilaksanakan kerjasama dalam bentuk pemberian bantauan program dengan beberapa OPD di Solsel. diantaranya baru-baru ini pemberian bantuan bibit cabay polibag pada kelompok dasawisma. Selanjutkan kerjasama dengan Dinkes Solsel dalam bentuk sosialisasi dan kegiatan pemeriksaan Iva Tes. Bahkan pada pencanangan Bulan Bakti Dasawisma 15 Maret tahun ini di Nagai Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai Pagu bakal dilakukan penanda tanganan kerjasama dengan beberapa OPD yang ada dilingkungan Pemkab. Solsel, demikian Suriati. (Map)

 
Top