JA.com, (Solsel) --Ketua umum LKKS (Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Keluarga) Provinsi Sumatera Barat Ny. Hj. Nevi Irwan Prayitno serahkan bantuan untuk membangun 100 jamban sehat. Bersamaan dengan itu juga diberikan bantuan untuk modal pengembangan usaha kepada keluarga miskin (Mustahik).

Penyerahan bantuan ini bertempat di Gedung Serbaguna Nagari Pasir Talang Barat Kabupaten Solok Selatan, Rabu 22 maret 2017. Bantuan yang diserahkan berupa uang tunai Rp 25 juta yang akan dipergunakan untuk upah tukang, untuk pembelian 500 zak semen. Serta pembelian 100 buah kran leher Angsa senilai Rp. 8 juta untuk pembangunan 100 jamban sehat di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan KPGD.

Selain itu juga ada bantuan modal pengembangan usaha sebesar Rp. 50 juta dan 1 unit mesin jahit kepada keluarga miskin anggota POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga) Nagari Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai Pagu.

 “Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada ketua BAZNAS, Dirut PT. Semen Padang, Yayasan Damandiri, Bupati dan semua pihak yang telah mendukung program ini. kepada keluarga yang menerima bantuan saya harap bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan kesejahteraan keluarga” Ujar Ny. Nevi dalam sambutannya.

Tahun ini LKKS melaksanakan program Pembangunan 1000 Jamban Sehat di 9 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, yaitu; Kab. Solok, Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Payakumbuh dan Kota Padang.

“Program ini merupakan hasil kerjasama LKKS Provinsi Sumatera Barat dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Barat yang memberikan bantuan sebesar RP. 250 juta untuk upah tukang, PT. Semen Padang memberikan bantuan 5000 zak semen CSR, Yayasan Damandiri Jakarta memberikan bantuan 1000 Leher Angsa, sedangkan Baznas kab/kota setempat diharapkan mendukung pembelian bahan-bahan lainnya yang diperlukan.” lanjutnya
Sementara itu Pimpinan BAZNAS Provinsi Sumatera Barat mengatakan bahwa pihaknya hanya menyalurkan zakat dan infak yang disalurkan oleh para muzakki/donatur dan kebanyakan muzakki tersebut adalah PNS di lingkungan Pemprov Sumatera Barat. “90 % muzakki ini adalah PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat” katanya
Ketua LKKS Solok Selatan berharap bantuan yang diterima ini bisa meningkatkan kesejahetaraan keluarga miskin di Solok Selatan. "Bantuan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga" ujar Ny. Suriati Muzni.

Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan itu ketua LKKS Kabupaten Solok Selatan Ny. Suriati Muzni, Sekretaris Daerah Solok Selatan Ir. Yulian Efi, Asisten I  Pemkab Solsel Fidel Effendi, Ketua BAZNAS Solok Selatan, Jajaran Dinas Sosial Solsel dan undangan lainnya.(Map)
 
Top