JA.com, (Solsel) --Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan Tri Handoyo Gunardi dengan Kadis Ketahanan Pengan dan Perikanan Solsel Del Irwan serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan, gulir kegiatan  Gerakan Nasional Tanam Cabai Dengan 10 Juta Polybag di Nagari Kapau Alam Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo di SDN 10 Bulantiak Rabu (8/3).

Kegiatan yang dirangkai dengan pemberian bantuan 3000 batang bibit cabai untuk nagari itu, secara simbolis, juga diserahkan 6000 batang bibit cabai untuk dua nagari lainnya yang merupakan nagari binaan Gerakan PKK Kabupaten Solok Selatan tahun 2016-2017. Total bantuan bibit cabai lengkap dengan pupuk, yang akan disalurkan untuk kader kelompok dasawisma di Solok Selatan berjumlah 9000 batang.

Kegiatan yang diawali dengan penyerahan bantuan bibit cabai , pupuk dan polybag secara simbolis oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan Ny. Hj. Suriati Muzni kepada Ketua Tim Penggerak PKK Nagari Kapau Alam Pauh Duo Ny. Yurmailis Zamril, dilanjutkan dengan Sosialisasi Tanaman Cabai Sepuluh Juta Polybag Bagi Kader Kelompok Dasawisma di Nagari tersebut.

Kepada Dinas Pertanian Solsel Tri Handoyo Gurnadimengatakan, kegiatan pemberian bantuan bibit bagian dari MoU Kementerian Pertanian dengan Tim Penggerak PKK Pusat serta dilanjutkan kerjasama disetiap jenjang pemerintahan. Artinya, bantuan bibit cabai beserta pupuk dan polybag kepada kelompok dasawisma di nagari adalah kelanjutan kerjasama Pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sinergi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dinas Pertanian, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan saat ini dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten tentu saja dapat memperbaiki perekonomian masyarakat. bantuan ini tentu saja, dapat menjadi salah satu usaha kita untuk menghadapi harga cabai yang sering mahal. Bahkan, harga cabai ini salah satu penyebab terjadinya inflasi ekonomi di daerah.

Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Solsel Del Irwan menambahkan, beberapa program yang akan dapat mendukung perubahan ekonomi masyarakat di daerah ini salah satunya, rencana bantuan untuk Nagarai Kapau adalah lewat program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) serta bantuan bibit ikan untuk kolam kelompok dasawisma.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Selatan Ny. Hj. Suriati Muzni dikesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah memberikan bukti nyata secara lansung kepada masysarakat. Salah satunya dengan pemberian lansug bibit dan pemberian ilmu pengetahuan tata cara penanam dan perawatan tanaman cabe. Kegiatan ini selain lanjutan kerjasama, juga sebagai bagian dari pelaksanaan Bulan Bakti Dasawisma TP PKK Kabupaten Solok Selatan tahun 2017.

Keberhasilan masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan tidak bisa mengandalkan bantuan ini, akan tetapi masyarakat diawali dengan keinginan dan kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk mau berubah.

 jika kaum ibu masih menemui harga cabai mahal pada bulan Ramadan tahun ini, berarti gerakan tanam cabai yang sudah kita gerakan bersama-sama ini gagal. Maka dari itu, besar harapan kami kepada Kelompok Dasawisma untuk dapat menjadi motor penggerak mensukseskan program tanam cabai ini. Apalagi  Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan dan penyuluh pertanian Solok Selatan memberikan perhatian serius.,  kata Ny. Hj. Suriati Muzni.

Sementara itu, pelaksana kegiatan Bidang Hortikultura Risa Herfina, mengatakan pemateri saat kegiatan tersebut adalah Penyuluh Pertanian Muda, Dided Ricardo. Penyuluh ini, selain menjelaskan teoti cara tanam cabe, juga melakukan praktek penanaman. Sedangkan Ketua TP PKK Kecamatan Pauh Duo yang diwakili pengurus Afridawati amupun Wali Nagari Kapau Alam Pauh Duo Zamris dikesempatan itu mengucapkan terima kasih atas diberikannya bantuan dan terpilihnya nagari ini sebagai nagari Gerakan PKK Tahun 2017. (Map).
 
Top