JA.com, (Solsel) - Pemerintah daerah Kabupaten Solok Selatan Sumatera barat menganjurkan masyarakatnya untuk menanam cabe. Anjuran ini dilakukan salah satu upaya pemerintah untuk menekan harga cabe, yang semakin hari semakin menggila di pasaran.

Himbauan ini disampaikan Bupati Muzni Zakaria saat memberikan sambutan pada pencanangan bulan bhakti dasa wisa di halaman Kantor Bupati,Kamis,(16/3). Yang mana pencanangan tersebut dihadiri Ketua TP-PKK Ny. Suriati Muzni Zakaria dan pengurus TP-PKK mulai dari Kecamatan sampai ke tingkat Kenagarian.

“setiap rumah tangga diwajibkan menanam cabe. Bagi yang punya lahan silahkan tanam cabe, bagi yang tidak memiliki lahan tanam di polybag,”kata Muzni Zakaria.

Selain itu Ia juga menginginkan tanah di sekitar Kantor Bupati tidak ada yang mengganggur.

“daripada tanah tersebut mengganggur lebih baik dijadikan taman dan ditanami dengan berbagai jenis bunga. Suhu udara daerah kita sangat bagus,sejuk sehingga sangat cocok untuk berbagai tanaman,”tambahnya.

Dikesempatan itu, Bupati Muzni Zakaria meminta kepada setiap OPD (organisasi perangkat daerah) yang mengadakan kegiatan untuk tepat waktu memulainya. Menurutnya walaupun Bupati atau wakil bupati yang akan membuka suatu acara tersebut namun Bupati/Wakil bupati belum datang juga maka silahkan digantikan oleh Sekda ataupun asisten.

“temapat kediaman bupati kan jauh, terkadang dalam perjalan menuju ke Kantor bupati, Bupati bertemu dengan warganya yang sedang meninggal keluarganya. Untuk bupati itu tentu bupati akan mampir dulu untuk menjenguk,”ucap Bupati Muzni Zakaria.

Pada kesempatan itu, juga lakukan penandatanganan MoU antara PKK dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Solok Selatan tentang kegiatan-kegiatan OPD yang disinergikan dengan PKK. Sekaligus penyerahan 9.000 bibit cabai untuk Nagari Binaan Gerakan PKK, yaitu Nagari Pasir Talang Barat, Nagari Lubuk Gadang Timur, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Nagari Sungai Kunyit dan Nagari Pakan Rabaa Timur. Serta penyerahan 5.000 bibit ikan untuk Nagari Binaan Gerakan PKK. (Map)
 
Top