JA.com, Solsel -- Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria membuka perdana Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan se Solok Selatan di Kantor Camat Pauh Duo, Rabu (1/3/2017). Kegiatan yang serupa juga akan bergulir di enam kecamatan lainnya di Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan, H. Muzni Zakaria dalam sambutannya mengatakan, musrenbang bertujuan mengumpulkan masukan secara partisipatif dari masyarakat mulai dari tingkat bawah hingga dirumuskan untuk menjadi usulan. Proses melaksanakan pembangunan di satu daerah harus melalui musrenbang dari tingkat bawah hingga ke pusat.

"Musrenbang ini bertujuan mengumpulkan usulan dalam proses pembangunan untuk dijadikan rumusan yang selanjutnya dijadikan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)," katanya.

Dia mengatakan, dalam pembangunan tentunya aspirasi dari masyarakat sangat diperlukan. Semua aspirasi akan ditampung dan akan di rumuskan oleh eksekutif dan dibahas bersama DPRD untuk ditetapkan dalam APBD.

"Aspirasi tentunya mengacu pada visi dan misi bupati dan RPJMD. Kesempatan ini dilaksanakan untuk dimanfaatkan dan mendiskusikan dengan serius dalam menghimpun segala bentuk usulan pembangunan yang prioritas," katanya.

Dia menjelaskan, sesuai dengan visi yaitu mewujudkan masyarakat Solok Selatan sejahtera dan religius hingga tahun 2021. Maka, telah dicanangkan beberapa program pembangunan prioritas lima tahunan. Yakni, bidang infrastruktur dan pelayanan publik. Peningkatan perekonomian yang di dorong oleh sektor pariwisata dan religius.

"Dengan musrenbang kecamatan ini, diharapkan kepada semuanya untuk memberikan masukan yang konstruktif dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih berkualitas dan tepat waktu," katanya.

Hadir  pada kegiatan tersebut, Bupati, wakil ketua DPRD Armen Syahjohan, Sekretaris Daerah Yulian efi, Anggota DPRD, Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.(Map).
 
Top