JA.com, (Solsel) -- Keberadaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dikukuhkan Bupati Solok Selatan yang diwakili Sekda Yulian efi.

Pengurus DPD LPM Solsel yang dilantik atau dikukuhkan mendapatkan amanah dari tahun 2016 sampai 2021. Pengukuhan bertempat di aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan,Rabu,(29/3). Pengukuhan pengurus LPM ini dihadiri Anggota DPRD Solikhin dan Aprizal Dani, Kapolsek Sangir, Kepala OPD, Wakil Ketua dan Wakil Sekretaris LPM Provinsi Sumatera Barat, Kepala DPMD Provinsi Sumatera Barat.

Dalam sambutanya Sekda Yulian efi mengatakan, meminta LPM Kabupaten Solok Selatan  mampu berpartisipasi dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga kemasyarakatan. Harapan itu karena LPM merupakan wadah partisipasi dan aspirasi masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan berbasis masyarakat.

Yulian efi menjelaskan LPM memiliki tugas dan fungsi yang sangat penting dalam menumbuh kembangkan pembangunan di Solok Selatan.

“LPM sebagai mitra kerja pemerintahan, berperan strategi dalam rangka penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan di masyarakat di nagari,”ucapnya.  

Ia menambahkan, masyarakat harus diberdayakan dalam rangka pembangunan di segala bidang. Kepengurusan LPM yang baru diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusia (SDM), meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memacu pembangunan daerah.

Kepengurusan DPD LPM Solok Selatan masa bakti 2016-2021 dipercayakan kepada Carda Sangir sebagai Ketua, Andison sebagai Sekretaris dan Riki Rivaldo sebagai Bendahara serta dilengkapi struktur organisasi lainnya. Wakil Ketua LPM Sumatera Barat H. Darmansyah Siroen usai melantik kepengurusan DPD LPM Solsel, meminta kepengurusan DPD LPM Solsel untuk memiliki terobosan dan pemikiran dalam memajukan pembangunan. LPM hendaknya memiliki orientasi lebih maju dan lebih luas lagi untuk pembangunan di berbagai sektor dalam menunjang pembangunan.

“Kita dituntut agar konsisten dalam menjalankan aturan organisasi, selanjutnya program binaan terhadap organisasi dan anggotapun harus terus ditingkatkan dan dilakukan sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan anggota yang dapat dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebagai sebuah organisasi yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan LPM Solok Selatan haru siap untuk mendukung program pembangunan di Solok Selatan baik itu bersifat fisik, sosial budaya dan kemasyarakatan serta siap menjadi ujung tombak dalam pelaksanaannya.
Sementara itu, Ketua LPM Solsel Carda Sangir berharap dukungan dari semua pihak, terutama dari Pemerintah Daerah agar program kerja LPM Solsel bisa berjalan dengan baik. (Map)
 
Top