Catatan Taf Chaniago/micke
Jika kita berliburan wisata ke Pantai Air Manis, pasti yang teringat oleh kita Pesona Batu Malin Kundang yang banyak dikunungi para wisata dan sederaet keindahan alam disekitarnya. Namun dengan ayunan kaki berjarak sekitar 200 meter dari lokasi okjek wisata Malin Kundang sang anak durhaka dan 100 meter dari bibir pantai air manis, kita menemukan keindahan bangunan yang terbuat dari kayu yang dikelilingi hijaunya pepohonan disekitarnya, alangkah indah dan sejuknya rumah Gadang itu.
Rumah Gadang Rang Padang ini, bagus sekali karena ke unikan bentuk dan rupanya memiliki daya tarik, tapi sayang keberadaannya kurang mendapat perhatian dan kepedulian yang sesungguhnya, seperti seorang isteri menunggu suami tak pulang atau sama seperti syair lagu, Bang Thoib merantau tak pulang-pulang.
Hal itu, di pantau langsung impiannews.com menaiki rumah Gadang yang menjadi kebanggan Rang Padang itu. Kondisi kurang menguntungkan karena tak terawat dengan baik.
Bila kita perhatikan lantai bangunannya sudah banyak yang lapuk, harus hati-hati melangkah bila berada di atas lantai, lengan jenjang naik tangga di bangunan kedua sudah tak ada salah satunya. Begitu juga pembatas teras bangunan sudah banyak yg goyah pasangannya, pagar kandung lantai dasar sebagian patah-patah dan dinding bolong-bolong.
Maka itu. hendaknya harus mendapat perhatian dan kepedulian sebab rumah Gadang Rang Padang ini, mencerminkan warga Kota Padang, kalau dapat segera lakukan renovasi dan perbaikan, kasih teras sekelilingnya, penerangan secukupnya, sekat ruangan menurut semestinya, sehingga bangunan ini di lihat dari jauh sangat Kokoh dan Gagah berdiri sendirinya.
Kedepannya, supaya dapat di pikirkan perkembangannya dan dapat dimanfaatkan rumah Gadang Rang Padang dengan baik, lengkapi fasilitasnya seperti ada kamar mandi, WC, tempat cuci pakaian, jemuran kain dan kecukupan kesediaan air.
Bila ini sudah di lengkapi semua fasilitasnya akan menjadi nilai tambah dapat menjadi kemasukan dan penambahan pendapatan daerah (APBD) Pemko Padang, sebab lokasi objek wisata orang akan senang dan betah tinggal sementara, bila ada tempat penginapan, apalagi pantai tak jauh dari lokasi berjarak sekitar 100 meter.
Kalau bisa di lokasi itu, buat lebih banyak bangunan Rumah Gadang Rang Padang, bikin lebih unik dan menarik serta letak bangunan tertata terssusun rapi dengan jarak di atur sedemikan rupa, sehingga objek wisata Pantai air manis dan objek wisata malin kundang tambah kren untuk di kunjungi orang, tentu fasilatasnya lebih di tingkatkan.
"dengan cara seperti ini, Nagari Air Manis Kecamatan Padang Selatan akan terbuka sendirinya, bahkan lokasi objek wisata yang ada akan menjadi Vaforit di negeri ini ke depannya, menjadi daerah tujuan kunjungan para wisatawan Manca Negara dan lokal"
Disamping itu, tentu warga air manis telah dapat mempersiapkan diri menerima tamu dari berbagai kunjungan ke pantai air manis, dan objek wisata Malin Kundang, di harapkan bersikap baik, ramah, berkrakter, sopan dan bersikap santun terhadap para tamu yang mendatangi lokasi objek wisata tersebut. .
 
Top