SOLOK SELATAN-Belum genap sebulan menjabat dibagian kehumasan Pemkab Solok Selatan (Solsel) Dua kasubag muda, yaitu Kasubag  Kehumasan dan Pelayanan Media Massa Firdaus Firman dan Kasubag Protokoler, Acara dan Tamu Riri Thyson mengapungkan ide brilian dilingkup SKPD yang ada di Solsel.

Ide yang diapungkan adalah lomba inovasi pelayanan publik masing-masing SKPD yang direncakan digelar dua kali dalam setahun. “Kita meyakini dengan adanya inovasi pelayanan publik ditiap SKPD akan mampu menggenjot kinerja tiap SKPD yang berbasis pelayanan terhadap masyarakat,”kata Firdaus Firman pada awak media, Minggu (15/1).

Namun, ide tersebut katanya perlu dirumuskan terlebih dahalu bagaimana teknis dan aspek penilaiannya. “Kita juga butuh persetujuan dan masukan pimpinan, dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati,”lanjutnya.

Menurutnya, program tersebut belum pernah dibuat di Kabupaten/kota di Sumbar. “Insyaallah, Senin (16/1) ide ini kita gulirkan sembari mencari tau aspek yang akan dinilai. Kami yakin efek program ini akan besar bagi pelayanan publik,”tambahnya.

Senada, Kasubag Protokoler, Acara dan Tamu Riri Thyson mengatakan program ini nantinya akan memacu tiap SKPD untuk berbenah kearah yang lebih baik dalam pelayanan terhadap masyarakat.”Kalau tidak salah, kegiatan ini pernah diadakan tingkat pusat. SKPD yang dinilai adalah RSUD, Kantor Perizinan dan Dinas Pencatatan Sipil. Tapi kita tidak masuk nominasi. Namun, jika kegiatan ini menjadi kegitatan rutin tentunya masin-masing SKPD lebih berbenah,”katanya.

Menanggapi ide itu, seorang warga Solsel, Hendra mengatakan program yang direncakan itu perlu dukungan dari pimpinan daerah yang konsisten mendukung pelayanan publik melalui penguatan dasar hukum, penguatan kapasitas SDM di masing-masing SKPD.”Serta penguatan bidang IT. Untuk itu setiap SKPD harus membentuk tim teknis gerak cepat dalam rangka mempercepat pelayanan publik,”tutupnya. (Jbr)

 
Top