JA.com, Padang *Sumatera Barat)--BWS Sumatera V Sinergi Dengan Kodim 0312 dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota PadangHujan memang menjadi salah satu anugerah dari Tuhan YME, namun hujan tak jarang bisa menimbulkan bencana bagi bumi ketika manusia sendiri tidak dapat mengelola air hujan sebagai sumber kehidupan. Seperti menjaga bumi dari tebaran sampah yang ujung-unjung nya justru membuat bencana banjir bagi masyarakat itu sendiri, terutama di lingkungan danau, sungai maupun pantai yang seharusnya terbebas dari sampah.

Demi mewujudkan hal tersebut kementerin Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Wilayah Sungai Sumatera V melakukan Sanggar Sungai dan Sosialisasi Memanen Air hujan yang dibarengi dengan aksi goro (gotong royong) bersama di kawasan Danau Cimpago kota Padang. Jumlah peserta pun lebih kurang 400 peserta dalam kegiatan ini yang terdiri dari Dinas terkait, Komunitas Peduli Sungai, para mahasiswa PTN, perusahaan dan industri serta masyarakat setempat. Selain goro bersama, juga dilakukan penyerahan 2 Unit IPAH kepada masyarakat setempat.


Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membuka wawasan dan bertukar informasi terkait pemeliharaan sumber air dan pengelolaan sampah oleh masyarakat dan juga sosialisasi seperti apa penggunaan IPAH atau Instalasi Pemanen Air Hujan. Sebelumnya kegiatan sosialisasi sistem class juga telah dilakukan dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Air yakni Ka.Subdit Bimtek Sungai Pantai Dian Kamila, Ka.Subdit OP Muhammad Marassabessy dan Sekretariat GN-KPA Sumudi Kartono. Selain itu juga menghadirkan narasumber dari UGM Agus Maryono, Universitas Andalas dan Semen Padang.


Selain mensosialisasikan cara memanen air hujan, BWS Sumatera V juga melakukan MOU terkait penanganan Drainase Purus dengan Dandim kota Padang. Letkov Kav. Eryzal Satria mengatakan." Pihaknya akan selalu berpartisipasi aktif untuk menjaga lingkungan kota padang tetap bersih dengan bekerja secara simultan dalam satu bulan ini. Kemudian dengan menurunkan personil membersihkan drainase Purus dari endapan yang menyebabkan daerah tersebut banjir. Tentunya dengan mengajak seluruh pihak terkait seperti ormas dan masayarakat setempat."ujarnya.

Al Amin Selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang mewakili Wali kota Padang membuka kegiatan ini, beliau mengatakan DLH akan selalu bersinergi dengan BWS Sumatera V dalam menciptakan Danau Cimpago bersih dari sampah. Ia menambahkan akan tetap menerapkan perda yang telah berlaku mengingat jumlah sampah yang setiap harinya mencapai 400 ton dan mendukung program BWS Sumatera V dalam penyerahan pengelolaan unit IPAH yang diberikan kepada masyarakat untuk membantu masyarakt yang kesulitan air bersih dengan memanfaatkan air hujan. Tidak lupa pihaknya berterimakasih kepada BWS Sumatera V yang selalu peduli dengan Danau Cimpago," katanya..

Kepala BWS Sumatera V Maryadi Utama mengungkapkan," kegiatan goro bersama adalah komitmen dari BWS Sumatera V yang hingga saat ini terus melakukan bersih-bersih danau, sungai dan pantai demi menjaga sumber air agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sementara itu BWS Sumatera V juga menargetkan akan mencari mushola di Sumatera Barat yang mengalami kekeringan untuk dibuatkan IPAH." tegasnya.


Terakhir, juga dilakukan pelepasan sepasang Angsa Putih yang di beri nama Siti dan Rusdi sebagai simbol cinta keindahan Danau Cimpago dan berharap kepada seluruh komunitas, masyarakat dan pemerintah selalu menjaga kebersihan sehingga sumber air kita terjaga terutama saat musim kering.(Eli).
 
Top