JA. Com, Padangpanjang (Sumatera Barat)- Pemerintah Kota (Pemko) Padangpanjang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat buka lapak baca pada jam istirahat menggunakan unit pustaka keliling. Hal itu diungkapkan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Joni Aldo,  dalam meningkatkan minat baca pelajar di kota Padangpanjang.

"Lapak baca yang kita agendakan kesetiap sekolah ini,  sengaja di programkan Untuk meningkatkan minat baca sekaligus mengisi waktu istirahat siswa pada jam istirahat sekolah," sebut Joni Aldo. 

Dengan adanya unit pestaka keliling tersebut,  pungkas Aldo lagi,  selain tampak antusias para siswa-siswi untuk menghampiri mobil biru yang penuh dengan aneka buku referensi yang bermamfaat menambah ilmu pengetahuan siswa, juga sebagai langkah antisipasi  terjadinya aktifitas yang tidak bermamfaat. 

"Insyaallah, hadirnya perpustakaan keliling kesekolah-sekolah akan berdampak pada peningkatan mutu belajar siswa. Kegiatan ini kita lakukan  agar menambah minat baca dari para pelajar di Kota ini, ” kata Joni Aldo.

Beragam buku panduan dan refensi yang di sediakan unit perpustakaan keliling tersebut,  Joni Aldo, menilai, alan sangat membantu siswa mendapatkan wawasan dan ilmu pengetahuan yang tidak didapatkan secara keseluruhan pada mata pelajaran.

Pasalnya,  unit pustaka keliling, menyediakan Buku Khasanah Intelektual Minangkabau, Kebudayaan,  sejarah, dan sejumlah buku Karangan tokoh ulama.

"Kita saat ini akan melengkapi Koleksi Buku semua karangan Buya Hamka, jadi untuk masyarakat jangan lupa untuk mengunjungi  Perpustakaan kita yang  buka selama 7 hari kusus Sabtu dan Minggu dibuka pukul 09.00 hingga pukul 16.00  dan hari kerja kita buka layanan pukul 08.00 sampai habis jam kerja," jelas Joni Aldo.
Sementara itu, pihaknya juga memiliki jadwal khusus untuk anda yang ingin latihan Klas teater, bercerita, Storyyelling dan Menulis Tanda Baca. (rj) 


 
Top