JA.com, Payakumbuh, (Sumatra Barat)--Dalam rangka mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, Polres Payakumbuh gelar Deklarasi Pemilu Damai tahun 2024, Selasa (5/9/2023) di aula Kantor Wali Kota Payakumbuh. Kegiatan dibuka langsung Kapolres Payakumbuh, AKBP Wahyuni Sri Lestari.

Dalam acara tersebut, Ketua KPU Kota Payakumbuh Wizri Yasir membacakan sebanyak tiga poin pernyataan pemilu damai 2024. Ketika Wizri membacakan pernyataan tersebut, seluruh peserta yang hadir juga turut mengumandangkan poin-poin dalam pernyataan, termasuk Ketua PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota, Aspon Dedi.

Dalam mensukseskan Pemilu 2024 peserta deklarasi siap mewujudkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Selanjutnnya, melaksanakan tahapan Pemilu secara aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, politisasi SARA, dan politik uang serta siap melaksanakan tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pernyataan tersebut ditandatangani seluruh peserta deklarasi diantaranta, Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari, Ketua DPRD Payakumbuh Hamdi Agus, Damdin 0306/50 Kota, Kajari Payakumbuh, Pengadilan Negeri Payakumbuh, Partai Politik, Ketua KPU Kota Payakumbuh Wizri Yasir, Ketua KPU Limapuluh Kota Okto Rizaldi, Bawaslu Kota Payakumbuh, Bawaslu Limapuluh Kota dan organisasi maysarakat (Ormas).

Ketua PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota, Aspon Dedi usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam mewujudkan tujuan deklarasi, seperti menyajikan informasi yang akurat, berimbang dan terkonfirmasi.

"Kita menolak informasi hoax yang dapat memecah belah persatuan dan perdamaian serta tidak menggunakan SARA dalam penulisan pemberitaan," kata Aspon Dedi di Payakumbuh.

Didampingi Sekretaris Meddy Sulhendi, kegiatan deklarasi pemilu 2024 yang diselenggarakan Polres Payakumbuh merupakan salah satu upaya dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 aman dan damai. Deklarasi ini katanya, membuktikan komitmen PWI dalam menjaga keutuhan informasi dan integritas pers ditengah-tengah pemanasan situasi politk.

"Kita menyadari betul bahwa peran insan pers sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam menyajikan informasi, khususnya kejadian-kejadian yang berkaitan dengan situasi politik. Untuk itu, melalui kegiatan ini kita berkomitmen meujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai. Pemilu yang sukses juga terlahir dari pers yang netral," pungkas Aspon. (Flo)
 
Top