JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Tanah Datar, SE, MM bangga sekaligus bahagia. Betapa tidak, ia bisa bertatap muka langsung dengan generasi penerus Kabupaten Tanah Datar yang merupakan calon pemimpin dimasa depan yaitu seluruh siswa-siswi yang dengan semangat mengikuti upacara bendera pagi itu.

"Kesempatan seperti ini langka dan tidak datang setiap hari, Saya menjabat sebagai Bupati lebih kurang 2.5 tahun baru hari ini bisa hadir dan menjadi Inspektur upacara disini," ujarnya mengawali amanat dihadapkan seluruh siswa-siswi SMAN 1 X Koto saat menjadi Inspektur upacara di sekolah tersebut, Senin (4/9/2023).

Dikatakan, walaupun jarak antara SMAN 1 X Koto dengan ibukota kabupaten cukup jauh namun ini tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk tidak bersemangat didalam belajar dan menuntut ilmu.

"Anak-anakku sekalian, memang dari sini ke ibukota kabupaten di Batusangkar cukup jauh, namun itu jangan mengurangi semangat kalian dalam menimba ilmu. Karena saat ini adalah penentuan kemana langkah yang akan kalian tempuh nanti, kalian harus mencontoh kepada yang baik karena ke depan tantangan sangat berat sudah menanti. Sekarang zaman digital, untuk itu kalian harus bisa membentengi diri kalian dengan iman dan akhlak serta banyak mengikuti berbagai kegiatan sosial yang positif," ujarnya.

Ditambahkan, disaat para siswa menggapai cita-citanya persaingan yang akan dihadapi adalah robot ciptakan manusia, bahkan saat itu para robot mungkin sudah diberikan otak oleh para penciptanya.

"Ananda sekalian jangan takut menghadapi masa-masa itu nanti, karena robot tidak memiliki karakter. Untuk itu, mulai saat ini tuntutlah ilmu dengan baik, mulailah membentuk karakter bagaimana kalian bekerjasama dan saling tolong menolong sesama teman, dan jangan ada yang membully teman ssendiri, jauhi perbuatan itu. Ini modal utama bagi kalian untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin maju," pesan Bupati.

Tidak sampai disitu, Bupati Eka Putra juga berpesan agar para siswa-siswi SMAN 1 X Koto jeli dalam melihat peluang dan mempersiapkan diri dari sekarang untuk meraih cita-cita yang diimpikan.

"Kalian jangan terlena dengan kemajuan teknologi saat ini, apalagi dengan permainan game online. Harus fokus dan disiplin dengan niat semula, terutama tentunya untuk membahagiakan orang tua kita. Di sekolah ini kalian tidak hanya belajar, namun juga dididik untuk berdisiplin, sportif dan harus berani bertanggungjawab," tukasnya.

Sementara, kepada para guru juga diminta untuk terus berkarya dan menyiapkan siswa-siswinya menjadi generasi yang siap untuk menyambut Indonesia emas pada tahun 2045 mendatang.

"Kepada bapak dan ibu guru, kami berharap teruslah mencetak generasi-generasi unggul yang kami inginkan untuk menyongsong kemerdekaan Indonesia ke 100 pada tahun 2045 nanti, karena merekalah yang kelak akan melanjutkan perjuangan kita hari ini," pungkasnya.

Juga hadir mengikuti upacara bendera Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar Riswandi Dt. Monti Basa, Camat X Koto Mukhlis beserta Forkopimca, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Wali Nagari se Kecamatan X Koto, Kepala Sekolah beserta seluruh jajarannya, Komite Sekolah dan undangan lainnya. (MG)
 
Top