JA.com, Limapuluh Kota (Sumatra Barat)--Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. Datuak Marajo memimpin upacara pembukaan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke 116 Kodim 0306/50 Kota, Rabu (10/5/2023), di lapangan bola kaki Padang Cubadak Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban.

TMMD/N ke 116 mengusung tema "Sinergitas Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI Rakyat Semakin Kuat".

Gubernur Sumbar dalam amanatnya mengatakan TMMD/N adalah wujud kepedulian dan kecintaan kepada kepentingan masyarakat.

TMMD/N merupakan keterpaduan antara TNI bersama Pemerintah Daerah sebagai upaya percepatan terobosan pembangunan di daerah Pedesaan atau Nagari serta sebagai langkah peningkatan infrastruktur dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta sebagai upaya untuk membantu ketahanan wilayah yang tangguh dan kokoh serta upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kegiatan TMMD/N ini, terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik tersebut terdiri dari  pembukaan badan jalan sepanjang 8200 dengan membuka jalan baru sepanjang 4500 m, pelebaran jalan di Ampalu 1200 meter, dan di Sitanang sepanjang 2500 meter," katanya.

Dikatakan, kegiatan non fisik terdiri dari penyuluhan bela negara, sosialisasi pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, penyuluhan keagamaan, penyuluhan KB, stunting, dan posyandu, penyuluhan perikanan, penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan, serta sosialisasi kegiatan pelayanan publik dan kependudukan.

Sementara itu Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono SH. M. Han dalam penyampaiannya mengatakan, TMMD/N dapat dipandang sebagai langkah nyata keterlibatan TNI dalam membangun Desa atau Nagari, sedangkan dari sisi Formula TMMD/N  menjadi lompatan metodologi pembangunan yang mengacu pada kesederhanaan kebersamaan dan koordinasi lintas sektor.

"Kegiatan TMMD/N ini diharapkan dapat menuntaskan dari ketertinggalan, melakukan percepatan pembangunan di Desa atau Nagari," demikian Dandim. (MG)
 
Top