JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Panwaslu Kecamatan Sungayang menggelar rapat koordinasi pengawasan tahapan pemutakhiran data Pemilih dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu Serentak tahun 2024 dengan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Sungayang.

“Rakor ini salah satu persiapan bagi PKD untuk mengawasi tahapan pemutakhiran data pemilih sebelum penetapan daftar pemilih tetap (DPT)," kata Ketua Panwaslu Kecamatan Sungayang Irfan Taufik saat acara pembukaan Rakor di Aula Kantor Camat Sungayang, Selasa (23/5/2023), ke.aein.

Hadir dalam acara rakor tersebut Anggota Panwascam Sungayang Edison dan Refialdi, Anggota PPK Sungayang Dola Nevia Andhini, Koordinator Sekretariat Panwascam Sungayang Busnika Hamidi, Staf Panwascam, dan PKD se-Kecamatan Sungayang.

Irfan mengatakan Rakor pengawasan Mutarlih ini untuk menyamakan pemahaman bersama antara Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa dalam melakukan pengawasan penyusunan daftar pemilih sebelum penetapan DPT Pemilu 2024.

“Kita berharap kualitas DPT Pemilu 2024 lebih baik dari pada Pemilu sebelumnya yang terdapat banyak persoalan terkait data ganda, pemilih tidak memenuhi syarat, dan pemilih fiktif," tutur Irfan.

Sementara itu, Anggota PPK Sungayang Dolla  menjelaskan terkait tahapan pemutakhiran data pemilih mulai dari pemetaan tempat pemungutan suara (TPS), proses Coklit, penyusunan DPS, dan penetapan DPSHP.

“Ada beberapa poin yang kita perhatikan dalam pemutakhiran data pilih diantaranya ketidaktaatan prosedur Pantarlih dalam melaksanakan Colkit, pemilih TMS yang masih ditemukan dalam DPS, pemilih MS belum masuk DPS, keadaan tertentu yang membuat pindah memilih, pemilih yang rumahnya jauh dari lokasi TPS, dan Sidalih yang mengalami gangguan,” simpul Dolla. (MG)
 
Top