JA.com, Sarolangun (Jambi)-- Pertemuan Dinas Kominfo Kabupaten Sarolangun yang berlangsung Pandopo Kantor Kominfo Sarolangun bertajuk Siraturrahmi. Kamis (10/02). 

Acara tatap muka  Berlangsung dengan suasana keakraban. Insan Pers sebagai mitra Pemerintah merupakan sebagai barometer Pembangunan daerah. Untuk itu Pemerintah harus bisa menciptakan suasana sejuk yang humanis.

Pada Kesempatan tersebut, Kadis Kominfo Kabupaten Sarolangun Drs.Muhammad Idrus menyampaikan poin kesepakan kerjasama termasuk menjelaskan total keseluruhan anggaran berjumlah Rp.615 juta yang akan diperuntukkan kepada kurang lebih 80 media elektronik, cetak dan juga online,

" Untuk sekarang anggaran publikasi kita Rp.615 juta dan itu akan kita bagikan kepada Media Elektronik, cetak dan juga online. Kedepannya kita akan usahakan untuk menambahnya. Karena kita tahu dengan anggaran segitu kita sulit untuk efektif dalam memberitakan informasi kegiatan Pemerintah. Dan saya berharap kawan - kawan media bisa memahami kondisi yang kita alami pada masa Pandemi saat ini ". Terang Drs.M.Idrus Kadiskominfo Sarolangun.

Disamping itu Kadis Kominfo Sarolangun juga menyampaikan pembagian jadwal peliputan kepada awak media yang melakukan kerjasama dengan Diskominfo sarolangun.

" Kami akan membuat formasi atau kelompok kerja dalam peliputan dan kolaborasi akan kita bentuk. seperti, jadwal peliputan ada media online,cetak dan elektronik. Tujuannya adalah supaya peliputan bisa adil dan merata dan informasi yang disebar luaspun sesuai kapasitas media itu sendiri ". Tutur M.Idrus.

Sementara itu, pada sesi tanya jawab. Salah satu mediamemberikan solusi terkait untuk mengatasi anggaran yang tergolong minim.

"Dulu kita (awak media) pernah melakukan kerjasama dengan pihak swasta dalam hal peliputan, dengan perusahan. Mungkin sekarang pada masa pandemi ini apakah bisa kita lakukan kembali hal yang demikian". Kata Carles Rangkuti Media Radar Jambi.

Atas usulan dari salah satu awak media tersebut, Kadis Kominfo menimpali. Bahwa Kominfo masih mempelajari atas usulan tersebut.

"Kominfo sebenarnya tidak ada wewenang penuh dalam hal demikian. Sebab, di Diskominfo ada beberapa bidang diantaranya sandi negara, Serverd dan IKP (Tim lapangan). Namun, kami akan mempelajari usulan tersebut". Jelas Kadiskominfo. 

Persepsi yang sama bahwa media mengikuti kebenaran untuk membangun trust. Untuk itu, informasi yang benar untuk meraih trust dari publiknya. Salah satunya, melalui peran media. 

Oleh karena itu media juga harus menjaga keberlanjutan usahanya. Maka, diperlukan kolaborasi.


* nal *

 
Top