JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra melantik 20 orang wali nagari terpilih, Senin (14/2-2022) kemarin di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.

"Ketika proses politik telah berakhir, maka proses administrasi di mulai. Karena itu mari bersama-sama menjaga suasana kondusif di wilayah masing-masing," kata Eka Putra, saat Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan wali nagari terpilih serta pelantikan ketua TP PKK nagari Masa Jabatan 2022 – 2028.

Dikatakan, kepada wali nagari terpilih agar merangkul seluruh elemen di nagari untuk melaksanakan pembangunan maupun menyelesaikan permasalahan di nagari.

"Rangkul dan libatkan calon wali nagari yang lain. Pelajari tugas pokok, fungsi, hak, kewajiban, kewenangan, tanggungjawab serta larangan yang harus dihindari. Dalam penggantian perangkat nagari, saya  ingatkan saudara, pahami regulasi atau peraturan tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” katanya.

Menurut Eka, khusus terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) nagari, diharapkan untuk berhati-hati, karena setiap rupiah yang dibelanjakan harus dipertanggungjawabkan.

“Selaku pemegang kekuasaan atas pengelolaan keuangan nagari, saudara harus teliti dan disiplin dalam membelanjakan dana anggaran yang cukup besar. Lengkapi dengan bukti belanja yang lengkap dan sah. Selamat, semoga amanah. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama Polres Tanah Datar dan Padang Panjang serta Kodim 0307 atas dukungan dan kerja keras turut mengamankan Pilwana Serentak 2021 lalu," ujar Eka.

Ia, juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggarannya Pilwana serentak. Pak Polri, TNI, Komisi Pemilihan Umum, BPRN, KAN, pejabat wali nagari, panitia pemilihan dan pihak lainnya, semoga kerja keras menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT.

“Saya yakin masing-masing wali nagari mempunyai visi, misi dan cita-cita yang mulia, ingin majukan dan tingkatkan kesejahteraan masyarakatnya, namun tentu Saudara hendaknya juga menjalin koordinasi yang baik dengan camat ataupun instansi di pemerintah kabupaten,” tutup Eka.

Sebelumnya Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah awal untuk meneruskan dan melaksanakan program kerja untuk 6 tahun ke depan.

“Sukseskan implementasi 10 program pokok PKK, terutama penanganan stunting atau anak kurang gizi. Dan juga didorong untuk lebih meningkatkan jaringan kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan setempat dan lainnya,” pesan Lise dihadapan ketua-ketua TP-PKK nagari.

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra menyampaikan, atas nama DPRD Tanah Datar, pihaknya mengucapkan selamat kepada wali nagari yang dilantik. “Wali Nagari terpilih hendaknya mampu menjadi penyambung lidah serta pelopor pembangunan di nagari masing-masing,” katanya.

Dari 21 wali nagari yang dilantik hari ini, Wali Nagari Simawang terpilih yakni Firman tidak ikut pelantikan disebabkan saat bersamaan orang tuanya meninggal dunia. Mereka adalah, Adenis, Wali Nagari Koto Baru, Seri Mesra, Wali Nagari Singgalang, Afrinal, Wali Nagari Tambangan, Bahuri, Wali Nagari Andaleh, Ade Putra, Wali Nagari Batipuah Ateh, Mulyadi. BJ, Wali Nagari Batipuah Baruah, Yudisthira Anuggraha, Wali Nagari Bungo Tanjuang, Erizal, Wali Nagari Gunuang Rajo, Mulyadi, Wali Nagari Guguak Malalo, Syafril Jamal, Wali Nagari Padang Magek.

Kemudian, Wilmen, Wali Nagari Sungai Jambu, Beni Hasbullah, Wali Nagari Koto Tangah, Yulkusmayanto, Wali Nagari Buo, Dasheri, Wali Nagari Balai Tangah, Andi Musdar, Wali Nagari Batu Bulek, Genta Maulana Akbar, Wali Nagari Tapi Selo, Nofri Edison, Wali Nagari Sungayang, Romi Chandra, Wali Nagari Sungai Tarab, Syahrial, Wali Nagari Simpuruik, dan Zulfirman, Wali Nagari Lawang Mandahiling.

Turut hadir Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Tanah Datar, Forkopimca Tanah Datar dan Padangpanjang, Kepala OPD, camat dan wali nagari se Tanah Datar dan undangan lainnya. (MG)
 
Top