JA.com, Payakumbuh (Sumatra Barat)--Acara pacu kuda yang digelar Pordasi Kota Payakumbuh Minggu (20/2-2022) kemarin berjalan sukses. Buktinya, Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengapresiasi panitia Pacu Kuda Bank Nagari Open Race 2022 itu.

"Meski di tengah pandemi COVID-19 panitia berhasil menggelar iven. Panitia  juga memfasilitasi agar masyarakat dapat menonton karena menayangkan pertandingan melalui live streaming dan menggunakan tv lokal," kata Riza Falepi.

Ia, berharap agar ke depannya Pordasi dan iven pacu kuda dapat didukung penuh oleh Anggota DPRD Kota Payakumbuh dan Walikota Payakumbuh selanjutnya setelah masa jabatannya berakhir September 2022 mendatang.

Kuda milik Riza Falepi, Lady Security juga ikut ambil bagian dalam kegiatan pacu kuda tersebut dan berhasil menjadi juara dalam partai pamungkas Derbi Payakumbuh.

Ketua Panitia Pelaksana Dasril mengatakan meski sudah berhasil digelar, panitia pelaksana meminta maaf kepada seluruh masyarakat karena tidak dapat menikmati secara langsung iven tersebut.

Terdapat 12 race dengan kelas berbeda yang dipertandingkan pada pacu kuda di Payakumbuh. Kuda yang mengikuti didominasi oleh kuda lokal dan dari berbagai daerah di Provinsi Sumatera Barat serta beberapa kuda dari provinsi lain.

"Mohon maaf kepada semua masyarakat yang sangat ingin menonton langsung tapi tidak bisa, karena saat ini kita masih dalam pandemi COVID-19 dan Payakumbuh masuk dalam PPKM level 2," katanya.

Ia mengatakan hasil dari pelaksanaan ini akan menjadi evaluasi yang akan menjadi perbaikan untuk pelaksanaan selanjutnya.

"Untuk laporan pertanggung jawaban seluruh kegiatan termasuk keuangan akan sesegera mungkin diselesaikan oleh panitia dan nantinya akan disampaikan," ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Payakumbuh Mustafa mengatakan apresiasi atas semangat panitia dan pecandu kuda dalam mendukung iven pacu kuda tanpa banyak penonton karena Kota Payakumbuh berada pada level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).


"Ke depan kita berharap pandemi usai dan iven pacu kuda bisa berlangsung lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. DPRD sangat mendukung," katanya. (Farhan)
 
Top