JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian bersilaturahim ke Kantor Walikota Bengkulu, Rabu (23/2-2022) kemarin. Ia, disambut Wakil Walikota Dedy Wahyudi didampingi Plt. Asisten I Toni Alfian, Kepala Bappeda Eddyson, Kepala Dinas PMPTSP Naker Riduan dan Kepala Dinas Dukcapil Widodo, serta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mukhlis.

Wabup Richi mengatakan, dari paparan yang disampaikan Wawako Bengkulu, beberapa program mempunyai kemiripan dengan yang ada di Tanah Datar.

"Pemkab Tanah Datar mempunyai Program Bajak Sawah Gratis yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Kemudian kita juga mempunyai program 1 rumah 1 hafiz, 1 Nagari 1 Event Budaya atau pariwisata," kata Richi.

Dikatakan Richi, Tanah Datar juga mempunyai program inovasi Peluk Tanda Diri yakni Pelayanan Penduduk Tanah Datar di Ujung Jari.

"Program ini untuk mempermudah masyarakat terutama yang jauh dari pusat ibu Kabupaten memperoleh pelayanan administrasi dengan menggunakan smartphone, misal untuk pembuatan KTP, KK dan akte kelahiran," terang Richi.

Ada yang menarik, tambah Richi, penerbitan Akte Kelahiran dan surat-surat untuk pasangan yang bakal menikah mungkin bisa dilaksanakan di Tanah Datar.

"Izin pak Wawako, sekiranya nanti kami mengadopsi program yang bisa dilaksanakan di Tanah Datar, namun tentunya kami bawa dulu untuk dikaji lebih mendalam, namun intinya adalah program untuk mempermudah pelayanan kita kepada masyarakat," pungkas Wabup.

Sebelumnya, Wawako Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu Dedy mengucapkan selamat datang kepada Wabup Richi atas kunjungannya ke daerah yang dikenal juga sebagai Bumi Raflesia.

Dalam paparannya, Pemerintah Kota Bengkulu memiliki berbagai program inovasi, seperti bidang administrasi kependudukan, bidang agama, kesehatan atau bidang sosial kemasyarakatan.

"Kami punya sistem pelayanan online slawe diantaranya Three In One dalam penerbitan akta kematian yang diberikan kepada ahli musibah, berupa KK, KTP dan Akta Kematian dengan perubahan status. Kemudian program Six In One Samawa untuk pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, sehingga ketika mereka menikah pengurusan dokumen seperti pembaharuan KTP masing-masing mempelai, Kartu Keluarga Pasangan Baru, Pembaharuan KK orang tua kedua belah pihak serta penerbitan buku nikah bekerjasama dengan KUA, langsung dapat diterima," terangnya.

Lebih lanjut, Pemkot Bengkulu juga punya 50 unit Ambulan gratis, pembagian gas elpiji gratis dan bahkan biaya bersalin gratis bagi keluarga kurang mampu, serta program 1 desa 1 hafizh

"Insya Allah, kita melahirkan program inovasi yang sederhana namun menjawab kebutuhan masyarakat. Semoga ada yang bisa dilaksanakan di Tanah Datar," tutupnya. (MG)
 
Top