JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Pemuda Tonggak Pela Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru gelar acara 'tanak-tanakan' alias makan bersama, Selasa (23/2-2022) malam di Barulak. Mereka sengaja menyembelih seekor kambing, dan memasaknya secara gotongroyong.

Pemuka Masyarakat setempat Zully Rustam mengatakan, acara makan bersama sengaja digelar dalam rangka menguatkan silaturahim sesama warga Barulak.

"Kegiatan tanak-tanakan alias makan bersama merupakan tradisi disini. Kebiasaan ini perlu dilestarikan," kata Zully Rustam yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tanah ini Selasa (22/2-2022) di Barulak.

Didampingi Inok sang juru masak handal Barulak, Zully Rustam melanjutkan bahwa kegiatan dimaksud banyak pelajaran yang bisa dipetik. Semisal, cara memasak yang dilakukan secara bersama-sama.

"Artinya, mulai dari proses mengumpulkan beras, bumbu serta pembelian kambing, itu dilakukan secara bersama. Tentunya, didahului dengan musyawarah," kata Zul.

Lebih lanjut, dengan musyawarah sebelum memasak, silaturahim tambah meningkat sesama pemuda dan masyarakat luas. "Nah, nilai positif inilah yang kita petik hikmahnya dalam acara makan bersama ini," tutup Zul yang diamini Edo SPBU Barulak.

Terakhir, Zul menghimbau warga dalam berkumpul tetap menjaga protokol kesehatan. Tujuanya, agar terhindar dari pandemi Covid-19 sejak dua tahun silam itu. (MG)
 
Top