JA.com, Solok Selatan (Sumatera Barat)--Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) terima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar.

Kunjungan itu untuk mempelajari  terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab)  dan pembentukan Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) di kabupaten itu, serta yang menyangkut dengan regulasi, Rabu, (31/7)

Kunjungan KONI Tanah Datar ke Solok Selatan untuk mempelajari pelaksaan Porkab di kabupaten itu, yang mana di Sumatera Barat, satu satunya Solsel lah yang melaksanakan Porkab setiap tahun demikian dikatakan, ketua KONI Solok Selatan Rengga Husyada.

Selain itu, mereka juga belajar tentang pembentukan KOK agar bisa maksimal dalam penyeleksian atlit didaerahnya.

"Bagaimana Solsel bisa menganggarkan pelaksanaan Porkab tiap tahun dan penganggaran KOK. Di Solsel pelaksanaan Porkab dan KOK di bebankan pada anggaran KONI,"ujarnya.

Denga adanya pelaksaaan Porkab setiap tahun tersebut, Koni Tanah Datar mempelajari pelaksanaan Porkab ke Solsel. Dengan adanya kunjungan ini tentunya KONI Solsel memberikan semua yang diketahui.

"Solsel melaksanakan Porkab setiap tahun, ini yang menjadi alasan mereka berkunjung untuk berkoordinasi dengan kita. Kami mejelaskan semuanya,"ungkapnya.

Kunjungan KONI Tanah Datar ini, langsung dipimpin oleh ketua harian, Zulkifli Bahri HS, SH, Sekretaris Umum H Syamsuar Mohamad Sutan SE, dan Ketua Bidang Litbang, Yon Liza.

Dalam koordinasi tersebut, Kata Rengga, kami menjabarkan bagaimana pelaksanaan porkab bisa terlaksana setiap tahunnya di Solsel. Semua pengalaman dan regulasi yang ada kami bagikan kepada mereka.

"Kami membagikan semua pengalaman dan regulasi yang ada dalam koordinasi tersebut kepada KONI Tanah Datar. Intinya kami mau berbagi kepada siapa saja sehingga dunia olahraga bisa maju," katanya.

Porkab tahun 2019 ini merupakan Porkab yang ke Sembilan bagi Bumi Sarantau Sasurambi. Pelaksanaan Porkab merupakan ajang untuk evakuasi dan melihat kemampuan atlet yang dibina oleh masing-masing cabang olahraga.

"Hal ini juga untuk ajang seleksi untuk tingkat olahraga yang lebih tinggi. Proses seleksi atlet akan lebih bagus dengan adanya Porkab. Sehingga semua yang potensial bisa dilihat dan dilatih untuk lebih baik lagi dengan tujuan utama adalah memajukan olahraga," Jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu, Asisten III Pemkab Solsel Amdani, Pengurus KONI Solsel terdiri dari, Sekretaris Umum Isyuliardi Maas, Waketum II Eko Irawan, Wasekum III Syailendra, Bendahara Umum Syafnita Chairani, Wakil Bendahara, Rolia Gusta Nery dan para pengurus serta pegawai Sekretariat KONI Solsel. (Sudir)*.
 
Top