JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Pemkab Tanah Datar gelar rapat monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan pada kondisi triwulan II Tahun Anggaran 2019, kemarin di aula kantor Bupati di Pagaruyung. Rapat dimaksud dipimpin Bupati Tanah Datar diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto.

Ia mengatakan, rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) dibutuhkan dalam percepatan pelaksanaan kegiatan pembangunan terutama yang strategis. Disamping, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengawasan serta pengendalian kegiatan sehingga penggunaan anggaran lebih efisien dan efektivitas.

"Kondisi belanja langsung dan tidak langsung dilaksanakan melalui e-Monev dimana di kondisi akhir Juli 2019 diperoleh belanja fisik sudah capai 54,37% dengan keuangan 40.848% atau Rp.598.036.045.142. Untuk belanja modal fisik di angka 30.32% atau 9,5% dengan keuangan Rp.21.909.036.601,- khusus dana DAK realisasi fisik masih 20,79% dengan realisasi keuangan 10.46 % atau Rp.13.438.100.513.-,” kata Edi Susanto.

Dikatakannya, walau dinilai cukup baik, namun pimpinan OPD diharapkan segera melaporkan seluruh kegiatan di unit masing-masing secara tertib dan tepat waktu, baik itu kegiatan yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) ataupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Khusus untuk OPD yang mengelola kegiatan bersumber pada DAK agar melakukan pelaporan kegiatannya kepada Bupati sebagai bahan laporan ke Gubernur dan Kemendagri, karena keberhasilan pelaksanaan program sangat mempengaruhi tahapan pencairan dana DAK dari pusat,” jelasnya.

Lebih lanjut, dalam rangka optimalisasi kualitas pelayanan publik akan dilakukan penilaian dan kompetisi. “Tahun 2019 ini akan dilaksanakan kompetisi inovasi pelayanan publik bagi pemerintah nagari. Bagi yang menjadi terbaik akan diberikan reward pada 2020 dalam bentuk program dan kegiatan strategis nagari,” jelas Edi Susanto.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmi Harun sepakat dengan harapan dan pesan Bupati melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Edi Susanto.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Tanah Datar Audia Safitri menyampaikan, kegiatan Monev triwulan II bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hasil kegiatan yang tercapai oleh OPD. (MG)
 
Top