JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--Prosesi penurunan Bendera Merah Putih Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) ke-74 di Lapangan Cindua Mato Batusangkar Tanah Datar berlangsung khidmat. Tidak itu saja, pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) berhasil memukau peserta upacara. Betapa tidak, paskibra menjalankan tugasnya dengan mulus, baik ketika upacara penaikan bendera, maupun saat penurunan bendera.

Saat Upacara penurunan bendera, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi kembali menjadi inspektur, yang berlangsung Sabtu sore (17/8) dan bertindak selalu komandan upacara Ipda. Moga Gumilang dari Polres Tanah Datar.

Salah seorang tim pelatih paskibra Bambang Heriyanto mengatakan, paskibra tampil maksimal dan memberikan yang terbaik serta prosesi baik saat penaikan maupun penurunan nyaris tidak ada cela.

"Paskibra kita sudah memberikan yang terbaik, mereka pun dilatih dan ditempa selama beberapa hari oleh pelatih kita dari Kodim 0307 Tanah Datar dan Polres Tanah Datar, yang mana sebelumnya mereka ini juga telah melalui tahapan seleksi dari sekolah masing-masing," kata Bambang kemarin.

Bambang menyebutkan untuk pembawa baki pagi saat penaikan bendera Aisyah Triandini sementara untuk sorenya saat penurunan bendera Gessica Aulia Rahmi, keduanya merupakan siswi SMAN 3 Batusangkar, untuk penggerek bendera Agung Wibowo, Thoriq Noval dan Fadli Haris ketiganya merupakan siswa SMAN 2 Batusangkar.

Sebelumnya acara turut dimeriahkan marching band SMAN 1 Batusangkar yang tampil memukau. Atraksi yang disuguhkan membuat decak kagum masyarakat kota Batusangkar yang memenuhi lapangan terbuka Cindua Mato tersebut.

Turut hadir saat upacara penurunan bendera tersebut Ketua Sementara DPRD Tanah Datar Jonnedi beserta Anggota, Forkopimda, Sekretaris Daerah Irwandi, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Ketua TP PKK Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darma, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0307 Tanah Datar Ny. Bulan Edi S Harahap dan undangan lainnya. (MG)
 
Top