JA.com, Tanahdatar (Sumatera Barat)--
Bupati Kabupaten Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama Kabag POD Herison, Kabag Humas dan Protokol Yusrizal, Camat Pariangan Abdurrahman Hadi dan Pj. Walinagari Sungai Jambu Elita Darmawan menyambut, sedikitnya, sebanyak 400 orang perantau Ikatan Keluarga Jorong Batur (Ikbar) Nagari Sungai Sungai Jambu Kecamatan Paringan se-Nusantara pulang basamo menyambut Idul Adha 1440 H di Gazebo Indo Jolito, Sabtu (10/8).

Bupati mengapresiasi kekompakan perantau Jorong Batur Nagari Sungai Jambu tersebut. Betapa tidak, hanya untuk ukuran jorong, para perantau bisa pulang bersama dengan ramai dan kompak.



Bupati berharap hal demikian bisa terus dipertahankan. Dan, pemerintah daerah merasa punya kewajiban menjalin komunikasi yang baik dengan perantau.

"Perantau punya andil besar terhadap kemajuan Tanah Datar, bantuan yang diberikan kepada sekolah, masjid, sarana umum dan masyarakat jika dikalkulasi bisa melebihi APBD Tanah Datar yang berkisar Rp.1,3 Triliun per tahun," kata Irdinasyah, Sabtu (10/8).

Di kesempatan itu bupati juga berharap dukungan masyarakat Sungai Jambu terhadap revitalisasi Nagari Pariangan atas bantuan pemerintah pusat untuk kemajuan pariwisata Tanah Datar.

Menurut sejarahnya, Nagari Tuo Pariangan ada hubungan dengan Nagari Sungai Jambu sehingga sudah selayaknya program ini didukung bersama.

"Selamat berhari raya di kampung halaman, mari jalin silaturahmi dengan masyarakat, lakukan pertemuan dengan masyarakat dan pemerintah nagari untuk kemajuan nagari," pesannya.

Mewakili perantau Dt. Rajo Nan Kayo menyampaikan terima kasih kepada bupati yang berkenan menyambut langsung. Terkait para perantau pulang basamo se nusantara tidak kurang dari 400 orang. Mereka datang dari Jabodetabek, Palembang, Riau, Kalimantan dan daerah lainnya.

"Jumlah mereka yang pulang kekampung, lebih banyak dari penduduk di kampung halaman yang berjumlah 135 Kepala Keluarga atau lebih kurang 300 jiwa. Tujuan utama pulang kampung bisa bersilaturahmi dengan sanak saudara, anak kemenakan di kampung halaman sekaligus melaksankan qurban bersama. Alhamdulillah tahun ini ada 17 ekor sapi dan 1 ekor kambing hewan qurban," tutup Dt Rajo Nan Kayo. (MG)
 
Top