JA.com, Limapuluh Kota (Sumatera Barat).

Proses pemilihan anggota Badan Musyawarah Nagari (BAMUS) Batu Balang Kecamatan Harau periode 2021- 2027 disambut antusias masyarakat nagari setempat. Tak obahnya pemilihan umum legislatif (Pileg), para calon akan dipilih langsung masyarakat dan diwajibkan mengucapkan dan menandatangani deklarasi fakta integritas.

Wali Nagari Batu Balang Dasril Sofiadi di Batu Balang, Minggu (21/3/2021) menyebut, pemilihan calon  anggota Bamus itu akan dilaksanakan sesuai kaidah-kaidah demokrasi dan diharapkan berlangsung dalam suasana badunsanak dan transparan.

"Layaknya Pemilu Legislatif, pemilihan Bamus Nagari Batu Balang betul-betul ditentukan masyarakat dalam sebuah acara pemilihan yang direncanakan digelar hari Minggu (28/3/2021). Kami berharap nanti benar-benar terpilih orang-orang yang mampu memajukan nagari," ujar Dasril sembari menyebut pesta demokrasi nagari itu diserahkan sepenuhnya kepada panitia pemilihan.

Senada Ketua KAN Batu Balang Herry Dt Majo Kayo juga berharap proses pemilihan calon  anggota Bamus itu berjalan secara santun dan taat azas. Tak kalah pentingnya, mereka yang terpilih adalah anak nagari terbaik yang mampu membawa kemajuan bagi Batu Balang.

"Kami sangat bahagia dan terharu anak nagari bertekat untuk berdemokrasi secara santun dan taat azas. Saya berharap terpilihnya anak nagari yang terbaik untuk membawa kemajuan untuk Nagari Batu Balang," ujar Herry Dt Majo Kayo.

Menurutnya, Batu Balang berada selangkah di depan dalam membangun nagari dengan kekuatan badunsanak. Salahsatu buktinya, nagari ini bisa memiliki ambulance nagari hanya dengan mengandalkan sedekah anak nagari baik yang di kampung maupun yang di rantau.

Sebelumnya Ketua Panitia Pemilihan Anggota BAMUS Batu Balang Elvia Daimar, SM Hk dalam laporan menjelaskan, dalam penetapan  calon anggota Bamus tersebut berasal dari keterwakilan wilayah jorong  yang terdiri dari 6 jorong serta seorang keterwakilan perempuan.

Dari data yang ada, jumlah calon dari Jorong Balai sebanyak 4 orang, berikutnya dari Jorong Koto Kociak 4 orang, Boncah 5 orang, Padang Ambacang 5 orang, Tiga Alur 4 orang dan Koto Harau 5 orang. Sedangkan calon perwakilan perempuan sebanyak 6 orang.

Pemilihan perwakilan jorong tersebut dilaksanakan  di jorong masing-masing dan akan menghasilkan 1 orang anggota Bamus dengan wilayah jorong. Sementara untuk perwakilan perempuan wilayah pemilihannya adalah wilayah nagari dan hanya dipilih oleh kaum perempuan saja. (gun)

 
Top