JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Tiga hari masa dinas Bupati Eka Putra adakan silaturrahmi dengan wali nagari se-Kabupaten Tanah Datar. Acara yang digelar di Gedung Indo Jolito Batusangkar, Rabu (3/3/2021) ini bertujuan memperkuat koordinasi pemerintah kabupaten dengan pemerintah nagari.

Dalam kegiatan yang didampingi para asisten, kepala dinas terkait, Bupati Eka Putra ingin membangkitkan semangat wali nagari dalam membangun nagari , karena dengan nagari maju maka kabupaten juga akan ikut maju.

"Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sangat penting berkolaborasi dengan wali nagari. Peran wali nagari begitu mumpuni dalam menunjang pembangunan daerah. Saya berharap semangat kita dalam membangun nagari bertahan hendaknya sampai ke depan," kata Bupati Eka Putra, Rabu (3/3-2021) di Indo Jolito, pusat kota, Batusangkar.

Dikatakan, pihaknya ingin mengatasi persoalan rentenir yang ada di Kabupaten Tanah Datar serta mengurangi daerah-daerah blind spot alias daerah-daerah yang sulit dijangkau untuk koneksi internet, terlebih dengan adanya Covid-19, menjadi persoalan bagi siswa maupun mahasiswa menjalani proses pembelajarannya.

"Yang jelas, kita ingin mengatasi persoalan rentenir dan derah uang diluar jangkauan signal sehingga siswa dan mahasiswa menjadi susah dalam proses pembelajaran di tengah Pandemi Covid-19 ini," jelasnya.

Dalam silaturrahmi tersebut, dalam sesi dialog beberapa wali nagari turut serta dalam menyampaikan persoalan-persoalan yang ada.

Persoalan yang paling dominan disampaikan adalah mengenai tapal batas yang masih belum selesai. Kemudian permasalahan lain yang cukup kompleks adalah mengenai daerah blind spot.
Banyaknya daerah-daerah yang sulit dijangkau untuk koneksi internet dan sangat menyulitkan dalam proses belajar daring yang terlaksana selama pandemi Covid-19 kemaren.

"Apa yang telah disampaikan oleh beberapa wali nagari tadi akan menjadi, menjadi catatan dan prioritas bagi kami untuk diselesaikan," jelas Eka Putra.

Lebih lanjut, pihaknya akan berupaya menyelesaikan setiap masalah dan keluhan yang disampaikan oleh para Wali Nagari.

"Kita akan akomodir semua keluhan, usulan dan lainnya, yang disampaikan oleh para walinagari," simpulnya. (MG)
 
Top