JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra, gelar silaturahmi bersama wartawan, Rabu (5/5-2021) kemarin. Acara yang sengaja digelar di Indo Jolito itu tujuannya saling mendekatkan hubungan. Acara berlangsung singkat dan memenuhi Prokes.

"Sebenarnya hari ini, rencana berbuka bersama dengan kawan-kawan media. Tapi, sesuai dengan edaran dan himbauan Menteri Dalam Negeri RI, kita harus patuhi," kata Bupati Eka Putra, Rabu (5/5-2021) di Batusangkar.

Dikatakan, mengingat daerah Tanah Datar adalah zona Orange, untuk menghadapi himbauan tgl 6-17 Mai mendatang, pihaknya sudah memerintahkan di tiap nagari ada posko.

"Kita harapkan setiap nagari punyo posko terkait saudara kita yang terlanjur pulang dari rantau. Setiap posko di nagari harus melaporkan berapa jumlah masyarakat yang pulang kampung tersebut. Yang jelas, kalau ada yang terjangkit harus cepat diisolasi," katanya.

Lebih lanjut, untuk daerah Tanah Datar secara keseluruhan dibuka 5 buah posko. Posko 1 di Tanjung Gadang, Tanjung Bonai, Lintau Buo Utara ( batas Tanah Datar dengan Halaban (Limapuluh Kota). Posko 2, Sitangkai (batas Tanah Datar dengan Sijunjung).

Kemudian, Posko 3, Ombilin. Posko 4, Kubu Karambia, dan Posko di Tanjung Alam, Tanjuang Baru ( batas Tanah Datar dengan Limapuluh Kota terdiri dari Kecamatan Akabiluru dan Situjuah Limo Nagari, serta Agam).

"Kalau ada saudara kita dari rantau yang terlanjur pulang, mereka akan di swab antigen di masing-masing posko tersebut, dengan tidak dipungut biaya alias gratis, " ujarnya Eka Putra.

Pada kesempatan itu, Bupati Eka Putra juga menyampaikan bahwa Tanah Datar dapt hibah dari pusat berupa sarana untuk pencegahan Covid-19.

"In Syaa Allah dalam waktu dekat kita dapat hibah mobil swab 2 unit, ambulans m, ventilator dan alat pencegahan Covid-19 lainnya," jelasnya.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar, Kepala Bagian Humas Yusrizal, dan undangan lainnya. (MG)

 
Top