JA.com, Padang (Sumatera Barat)--Pemerintah provinsi untuk memajukan daerah Kepulauan Mentawai, diadakan Sosialisasi Kebijakan Pelayanan Perizinan bagi Aparatur DPMPTSP, camat, kepala desa, tokoh masyarakat, dan pelaku usaha Kab. Kep. Mentawai di Pangeran Beach Hotel, Kamis (1/3/2018).

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Drs. H. Nasrul Abit meminta agar sebagian masyarakat Mentawai tidak lagi menganggap orang dari luar datang untuk mengambil kekayaan yang terkandung di tanah Mentawai.

"Kami datang untuk membantu, untuk membangun, bukan merusak agama, budaya, dan tradisi (di Mentawai)," ujar Wakil Gubernur Nasrul Abit.

Nasrul Abit melanjutkan, baru-baru ini ia membawa jajaran Forkopimda Prov. Sumbar dalam jumlah besar ke Mentawai untuk memetakan permasalahan-permasalahan di sana.

Kedatangan tersebut, selain untuk memetakan permasalahan, juga untuk membuktikan bahwa percepatan pembangunan Mentawai akan diupayakan oleh seluruh komponen secara bersama-sama.

Dikatakan Nasrul Abit dengan simpatik, "Kita upayakan sama-sama, jangan biarkan Mentawai sendirian."

Namun begitu, Nasrul Abit mengakui, komitmen dan keseriusan Pemerintah Provinsi tidak akan berarti banyak jika Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Tokoh Adat, dan masyarakat Mentawai memiliki pandangan yang tidak seirama.

"Kami di sini mohon dukungan. Ayo kita bicara kesejahteraan dengan tidak melupakan budaya dan tradisi Mentawai," tuturnya.

Untuk itu, pada kesempatan tersebut, Nasrul Abit mengharapkan jajaran pemerintah di Kab. Kep. Mentawai dapat mengajak tokoh-tokoh adat/kepala suku duduk bersama guna menyamakan pemahaman untuk percepatan pembangunan Mentawai.

"Kumpulkan kepala-kepala suku, berikan pemahaman. Ajak beliau-beliau berdiskusi untuk kesejahteraan bersama. Yakinkan bahwa kesenian, budaya, dan tradisi akan tetap dipertahankan," ujar Wagub mengarahkan.(ril)
 
Top