JA.com, (Padang) -  Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatra Barat (Sumbar) tengah bersiap menunggu berkah dari hasil kawin silang sapi asal Spanyol dengan Sapi asal Sumbar melalui kerjasama kemitraan luar negeri.

Spanyol melalui PT Indogal bakal jalin kerjasama bidang peternakan dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumbar terutama terkait pengembangbiakan Sapi dan pengolahan limbah peternakan.

Jenis sapi unggulan asal Spanyol yang bakal dikawin silangkan dengan Sapi lokal adalah jenis sapi Galician Blow melalui Inseminasi Buatan (IB).  "Kita akan berikan bibit sapi berupa semen beku yang akan disuntikkan ke sapi lokal jenis Sapi Bali dan Sapi Pessel," kata pihak PT indogal,  Manuel Albores Cabo ketika jadi narasumber di Padang baru-baru ini.

Ia menyebutkan sapi jenis Galician Blonde merupakan sapi bibit unggul yang bobotnya luar biasa besar. "Untuk awal Disnak Sumbar akan diberikan Semen beku (bibit sperma sapi). Dan ini kerjasama pertama dengan Sumbar bidang pengembangbiakan jenis sapi,"katanya.

Kemudian, imbuhnya kerjasama juga bakal dilanjutkan terkait pengolahan limbah peternakan dan pengiriman bibit sapi semen beku.

Kepala Disnak Sumbar, Erinaldi mengatakan dalam kerjasama ini pihaknya sangat berterimakasih. "Semoga dengan kerjasama ini kedepan mampu meningkatkan swasembada daging di Sumbar dikarenakan bobot sapi yang akan dilahirkan berbobot besar. Sementara, yang dapat bibit semen itu baru UPTD Peternakan Sumbar sebab masih dalam tahap penelitian. Jadi setelah sukses baru disebar kepada kelompok ternak yang ada di Sumbar,"terangnya. (Rel)
 
Top