PADANG, JR—Hasil perolehan medali sementara Solok Selatan (Solsel) di ajang Porprov Sumbar XIV kian hari menunjukkan angka menggairahkan. Berdasarkan data humas KONI Solsel hingga pukul 07.00 WIB, Jumat  (25/11) telah diraih 12 Emas, 12 Perak dan 21 Perunggu.
“Luar biasa.. hal ini menunjukkan perkembangan olahraga Solsel kian membaik. Bahkan, cabor yang tidak diandalkan menjadi pemasok pundi-pundi medali,”kata Ketua KONI Solsel, Mario Syahjohan pada awak media.

Ia mencontohkan cabor Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Indonesia (PABBSI) Solsel pada Porprov 2014 tidak meraih medali emas namun, kali ini mempersembahkan dua medali emas dari angkat berat dan binaraga. “Dan masih banyak cabang lainnya. Kita optimis perolehan medali emas akan terus bertambah sebab, masih ada cabang unggulan yang belum dipertandingkan seperti Kempo,”jelasnya.

Pada cabor PABBSI jenis angkat berat putra dikelas 83 kilogram, Solsel memperoleh medali emas setelah sukses mengalahkan delapan atlet yang ikut berlaga. Beni Nofendri, atlet peraih medali emas angkat berat berhasil mengangkat beban seberat 192,5 kg jenis B.Press yang disusul atlet asal Mentawai, Robinson diperingkat kedua dengan beban 182,5 kg dengan perak dan perunggu diraih atlet asal Lima Puluh Kota, Ferry Z dengan beban angkat 180 kg.

“Hari ini masih ada kelas berat 93 kg untuk jenis angkat besi. Kita masih menaruh harapan medali emas,”jalas ketua Pengcab PABBSI, Sefli Mei Iil.

Sementara, untuk cabor Wushu Solsel meraih dua medali emas dan lima perak dan empat perunggu. Peraih medali emas Wahyu Prima  dikelas 48 kg junior putra dan Wahyu Krismanto dikelas 52 kg junior putra.

Sedangkan di cabang Panahan lima medali emas 50 meter putra diraih, Febriandi Thomas dan 40 meter putra, Suroso.Cabang atletik, Lari 1.500 meter putra Khairullah dan lompat jauh putra Agus Hari Kusuma juga membawa medali emas untuk Solsel. Satu lagi, medali emas diperoleh dari cabang biliar putra oleh Firman. “Kita berharap Solsel bisa sesuai target menjadi peringkat 10 besar pada,”tutup Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olahraga Solsel, Doni Hendra. (Jbr)




 
Top