JA.com, PADANG (Sumatera Barat)-- KRI Banda Aceh 593 beserta Satgas Pelayaran Lintas Nusantara (Pelantara) VII bersandar di Dermaga IVTeluk Bayur, Rabu (6/12/2017).

Kedatangan tersebut disambut olrh Lantamal II bersama Wakil Gubernur Sumbar Drs. H. Nasrul Abit dan kedatangan kapal ini lebih awal dari jadwal yang direncanakan dikarenakan faktor cuaca yang kurang mendukung sehingga dipercepat kedatangannya.

Acara penyambutan diawali dengan penghormatan kepada Kapal Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh yang dipimpin oleh Wadan Lantamal II Kolonel (Mar) Lasmono dan dilanjutkan Tim merplug Lantamal II untuk melaksanakan sesuai tugasnya untuk membantu memasang tali-tali pengikat kapal.

Selain itu disuguhkan tari pasambahan sebagai ucapan selamat datang dan pengalungan bunga kepada Komandan satgas Pelantara, Belanegara dan Komandan KRI BAC-593. Kegiatan dilanjutkan dengan acara temu tokoh yang dilaksanakan di gladak hely KRI BAC

Pada kesempatan itu Wagub Sumbar mengucapkan selamat datang kepada KRI dan Satgas Pelantara 7 di padang Sumatera Barat, dan berharap kegiatan seperti ini terus berkesinambungan dan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi warga Padang." katanya.


Tambahnya, selama ini hubungan baik forkopimda dengan TNI Angkatan Laut Lantamal II terjaga dengan baik dan saling bersinergi." jelasnya.

KRI BAC-593 mengangkut 927 personel Pelantara dan Belanegara untuk melaksanakan berbagai kegiatan Karya Bhakti yang merupakan bagian dari kegiatan Sail Sabang 2017.

Kegiatan untuk di Padang akan dilaksanakan  Bhakti sosial dan peduli lingkungan, Wisata budaya, Kunjungan Pejabat dan temu tokoh daerah, kolaburasi pramuka dengan masyarakat, dan pentas seni budaya. Kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari .Tujuan Kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) adalah Meningkatkan kecintaan pemuda terhadap tanah air.

Meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda. Meningkatkan kecintaan kebaharian dikalangan pemuda. Mengembangkan jiwa wirausaha dan industri kebaharian dan kemaritiman dikalangan pemuda.

Dan meningkatkan persatuan dan kesatuan dikalangan pemuda dalam kerangka NKRI. Melaksanakan pembinaan pada generasi muda  Saka Bahari  dalam kerangka National Character Building.

Dengan kegiatan tersebut sehingga akan tercapai sasaran yang diharapkan yaitu Pemahaman tentang Kemaritiman/Kelautan, mengetahui dan memanfaatkan potensi sumber daya kelautan yang ada, dan pemahaman tentang bela negara.

Hal ini untuk menimbulkan persepsi yang sama bahwa dengan wilayah laut yang luas maka pemanfaatan potensi yang ada.

Dan perlu adanya pengawalan dari seluruh komponen bangsa Indonesia serta terwujudnya kesadaran bela negara, cinta tanah air dan cinta bahari   kepada generasi muda sebagai paradigma baru calon pemimpin bangsa yang memiliki jiwa kebangsaan.Micke/Dispen Lantamal II


 
Top