Laporan dari : Hadril Walid
Wartawan JA.com Sarolangun - Jambi

JA.com, Sarolangun (Jambi) - Polres Sarolangun menggelar acara Jumpa Pers akhir tahun pada hari sabtu (30/12/2017)  bertempat diruang Pola Polres Sarolangun.

Jumpa Pers tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana SIK. M.AP didampingi Wakapolres Kompol Atrizal, Kabag Op Kompol Agus Sholeh dan para Kabag, Kasat dan Kapolsek Polres Sarolangun serta sejumlah awak media baik online, cetak maupun elektronik.

Pada kegiatan tersebut Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksan SIK.M.AP  memaparkan terkait Evaluasi Kasus yang terjadi selama periode Januari hingga Desember 2017 dan kemudian membandingkannya dengan tahun sebelumnya yakni Tahun 2016.

Pemaparan AKBP Dadan Wira Laksana SIK. M.AP menyampaikan terkait kasus yang masih mendominasi peningkatan baik tahun sebelumnya 2016 dan tahun 2017 adalah kejahatan Kompesional. kejahatan konpesional ini diketahui bersifat umum kejahatan yang bisa kita temu dilapangan.

"Upaya penyelesaian yang sudah kami lakukan pada tahun 2017 ini tetap di atas 60 persen, pada tahun 2016 hanya 41,7 persen sedangkan tahun ini meningkat sampai 69,46 Persen."ungkapnya

Dilanjutkan kasus Kejahatan Kekayaan Negara. Dalam kasus ini kapolres juga memaparkan,
Bahwa dalam kasus pengelompokan Kejahatan Kekayaan Negara juga mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2016 yang lalu hanya 6 Kasus dan pada tahun ini meningkat menjadi 19 kasus. Kenudian upaya penyelesaiannya juga cukup tinggi,  pada tahun lalu hanya 66,67, untuk tahun ini 68,42 kasus.


Kemudian data jumlah kecelakaan lalulintas, Kapolres juga mengatakan,   dalam kasus ini pada tahun 2017 juga sangat mengalami peningkatan dari 43 Kecelakaan pada tahun 2016 menjadi 52 kasus pada tahun 2017, sementara untuk penyelesaian Laka Lantas Sat Lantas Polres Sarolangun terjadi penaikan 26 penyelesaian pada tahun 2016 dan 31 penyelesaian pada tahun 2017.

"jumlah meninggal dunia pada tahun lalu 39, sedangkan tahun ini meningkat manjadi 46 cukup meningkat," sebut Kapolres

Di lanjutkan lagi Kapolres menyampaikan, adapun kasus yang menonjol tahun 2017 yaintu keberhasilan dari Polsek Mandiangin mengungkapkan kasus jalanan yang terjadi pada tanggal 27/12/2017 sudah kita tangkap satu pelaku dan untuk pelaku yang lain masih dalam tahap pengejaran.

Kemudian kami juga berhasil mengungkapkan kasus pencurian bermotor.

Kemudian kasus pencabulan,  dalam waktu tidak lama Polsek singkut berhasi mengungkakan dan
menagkap pelaku.

Kemudian kasus penganiayaan yang mengakibatkan meninggalnya Anak dari Suku Anak Dalam (SAD)  di wilayah Kecamatan limun, akhirnya pelaku dapat ditangkap di Propinsi Sumsel.

Kemudian penangkapan pelaku pembunuhan yang terjadi diwilayah PT. BWP.

Yang terakhir Kapolres Memaparkan kasus pelangagaran Penambangan Emas Tampa Izin (PETI). dia Mengatakan, dalam ingin menghentikan tindakan Pelanggaran dalam Kasus ini pihaknya sudah berupaya melakukan himbauwan kepada kepada Masyarakat baik berbentuk sepanduk maupun melalui Media.

" dalam 2017 kami berhasil mengamankan Emas seberat 3 Kg,"ungkapnya

Setelah selesai pemaparan dari Kapolres, kemudai dilakukan sesi tanya jawab antara Kapolres dengan awak media, terkait kinerja Polres Sarolangun dan Rencana Kerja tahun 2018.

" Saya selaku Kapolres Sarolangun mengucapkan terimakasih kepada rekan rekan media atas kerjasamanya dalam mengexpos kegiatan Polres Sarolangun, serta di tahun baru mari kita bersama sama untuk menjaga Kamtibmas di wilayah sarolangun," tutunya.
 
Top