JA.com SAROLANGUN (JAMBI) – Bertempat di lapangan gunung kembang, Kabupaten Sarolangun, Propinsi Jambi, Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra didampingi Sekda Sarolangun secara resmi melakukan pengukuhan terhadap Hj Rosita Endra sebagai Bunda PAUD Kabupaten Sarolangun.

Bupati Cek Endra dalam sambutannya mengapresiasi capaian pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sarolangun, hingga saat  ini Sarolangun terus menunjukkan arah yang lebih baik mulai dari sisi kuantitas hingga berbenah ke arah mutu dan kualitas pendidikan.

"Dulu seingat saya pada tahun 2006 kita hanya sedikit memiliki Paud dan TK, tapi tahun berganti dan hingga saat ini jumlah itu terus mengalami peningkatan dan mencapai 514 PAUD. Catatan ini melebihi kapasitas dan jumlah di atas daerah daerah lain, ini yang harus kita syukuri," kata CE, Senin ( 11/ 12/2017 ).

Selain itu, yang membuat dirinya bersyukur, standar kualitas mutu pendidikan Paud TK dan TPA sudah di atas rata rata provinsi bahkan sudah masuk nasional yakni di nilai dari Afektiv Psikomotorik Dan Kognitif ( APK )

"Secara standar penilaian,  Afektif, Psikomotorik, dan Kognitif ( APK ) kita sudah masuk level nasional, nah ini yang harus terus digenjot, " jelasnya.

"Saya kemarin di acara diklatpim dikasih materi oleh Pak Ari Ginanjar dia menceritakan bahwa, pendidikan di jepang ternyata kata pak Ari bukan matematika yang diajarkan dulu tapi pendidikan Akhlaq yang didahulukan. Jadi, harapan saya ini yang harus diterapkan dan ditekankan ke depan, sebab anak anak kita inilah penerus masa depan Sarolangun," harapnya.

Cek Endra juga berkomitmen akan memperhatikan, kesejahteraan tenaga guru paud melalui anggaran daerah dengan menaikkan gaji para tenaga didik ke depan.

Hal senada juga dikatakan Bunda Paud, Hj Rosita Endra dengan lantang juga mengharapkan mutu pendidikan anak usia dini dapat di tingkatkan namun tentunya dengan tenaga didik yang mumpuni dan memiliki standar kompetensi.

"Untuk membentuk anak yang berakhlaq, standar kualifikasi guru juga kedepan akan kita genjot, melalui Diklat dan seminar seminar peningkatan SDM lainnya. Kemudian kalau kita merujuk standar nasional harus S1, minimal SMA sederajat akan tetapi sudah memiliki Sertifikasi," pungkasnya.Hadril

Hadir juga dalam acara itu, Lukman Kadisdik Sarolangun, OPD, pengurus PKK, para guru paud se Kabupaten dan ratusan murid paud mewakili masing masing kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sarolangun.
 
Top