JA.com, AGAM (Sumatera Barat)--Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat telah menyerahkan bantuan sebanyak 15 jaring udang atau trammel net kepada 15 nelayan di Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Ermanto di Lubukbasung, Jumat, mengatakan bantuan tersebut telah diserahkan kepada nelayan Tiku Lima Jorong pada pertengahan November 2017.

Bantuan tersebut dalam rangka meningkatkan hasil tangkapan udang nelayan di Tiku Lima Jorong, sehingga ekonomi nelayan meningkat.

Saat ini tambahnya jumlah trammel net di daerah itu sebanyak 301 unit dengan hasil tangkapan udang sekitar 20 sampai 80 kilogram per hari, tergantung kondisi cuaca.

"Apabila cuaca bagus, hasil tangkapan cukup banyak dengan jumlah 80 kilogram per hari dan apabila cuaca kurang bagus hasil tangkapan hanya 20 kilogram per hari," katanya.

Pada 2018, pihaknya akan menganggarkan dana sebesar Rp600 juta pada APBD Agam untuk pengadaan perahu, mesin tempel, kompas dan lainnya.

Salah seorang nelayan Tiku Lima Jorong, Ramidin (52), mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan alat tangkap.

Alat tangkap ini akan dijaga dengan baik agar tujuan dari bantuan itu akan tercapai nantinya.

"Saya akan merawat alat tangkap ini sebaik mungkin sehingga tahan lama," katanya.
 
Top