JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Ruas jalan Provinsi, penghubung Tanah Datar-Limapuluh Kota, tepatnya di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru, terpantau macet. Penyebabnya ruas jalan tersebut kecil dan rusak sangat parah, disamping banyaknya perantau yang mudik.

Jajaran Polsek Tanjuang Baru, Kabupaten Tanah Datar menurunkan 2 personil untuk mengurai macet tersebut, Sabtu (13/04/2024). Mereka adalah Brigadir Wedi dan Bripka Degi.

Salah seorang pemudik dari Pekanbaru mengaku bernama Syamsudin mengaku kesal dengan kondisi jalan Provinsi, yang belum juga diperlebar dan diperbaiki.

"Kenapa sejak jalan ini berstatus jalan Provinsi sudah bertahun belum juga di perlebar, apalagi diperbaiki," katanya.

Kendati demikian, ia bersyukur ada petugas yang mau mengatur lalu lintas diruas jalan yang macet tersebut.

"Beruntung ada petugas yang mengatur lalu lintas, sehingga macet ini meskipun perlahan bisa terurai," ujarnya.

Pantauan dilapangan menyebutkan, ruas jalan Provinsi yang melewati Nagari Barulak, Kecamatan Tanjuang Baru, Kabupaten Tanah Datar itu, lebarnya yang diaspal hanya kurang lebih 3,5 M. Satu sisinya ada drainase tapi tidak berfungsi dengan baik. Di beberapa titik lubang besar menganga siap menunggu korban.

Dari beberapa sumber yang dipercaya menyebutkan, sejak lebih kurang 15 lampau, ketika ruas jalan itu berubah menjadi jalan Provinsi, belum ada perbaikan sama sekali. Padahal kendaraan yang melewati jalan itu mulai dari tronton, Bus AKAP, dan lainnya. Hingga berita ini diturunkan, macet masih berlansung. (MG)
 
Top