JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai atau ASN, guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengambil kebijakan untuk mengusulkan pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022 bagi fungsional guru, fungsional kesehatan dan fungsional teknis.

Hal tersebut disampaikan Bupati Eka Putra saat Sosialisasi persiapan seleksi kompetensi P3K fungsional tenaga kesehatan dilingkungan pemerintah kabupaten Tanah Datar, Jumat (2/12/2022).

"Khusus fungsional kesehatan sebanyak 90 formasi, sesuai kemampuan daerah dan pelamar yang dapat mendaftar pada seleksi pengadaan P3K  tenaga kesehatan ini adalah non ASN yang terdaftar pada Sistem Informasi SDM Kesehatan (Si-SDMK) Kementerian Kesehatan," kata Bupati.

Dikatakan, Pemerintah Daerah akan terus memperjuangkan tenaga harian lepas dan tenaga sukarela Tanah Datar yang sudah mengabdi dengan masa kerja minimal 2 tahun serta memiliki pengalaman kerja dan berkinerja baik.

"Alhamdulillah berdasarkan laporan dari BKPSDM yang lulus seleksi tahun ini sebanyak 191 orang dari 226 orang, selanjutnya akan dilakukan ujian menggunakan seleksi kompetensi yang dilaksanakan dengan Metode Computer Asisten Test (CAT)," ungkapnya.

Lebih lanjut, keberhasilan terletak di tangan kita sendiri, jangan kasak kusuk minta tolong kepada siapapun apalagi dengan calo-calo yang selalu ada saat pengadaan ASN.

"Berusahalah dengan maksimal, Persiapkan diri dengan baik, laksanakan ujian dengan cermat dan teliti, saudara harus mampu melaksanakan manajemen waktu untuk menjawab soal yang diberikan," ujarnya.

Kepala BKPSDM Jasrinaldi sampaikan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PAN-RB Nomor 968 Tahun 2022 Tentang Mekanisme Seleksi PPPK Fungsional Tenaga Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menerima PPPK sesuai mekanisme dan kesanggupan keuangan daerah.

"Untuk formasi PPPK fungsional tenaga kesehatan sebanyak 90 formasi, yang mendaftar sebanyak 226 orang, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi kompetensi sebanyak 191 orang, yang tidak memenuhi syarat sebanyak 35 orang karena mengabdi kurang dari 2 tahun, kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan yang dipersyaratkan," terang Jasrinaldi.

Kemudian, katanya untuk seleksi kompetensi nantinya menggunakan CAT di BKN dengan jadwal pelaksanaan ujian dari tanggal  6 s/d 20 Desember 2022 dan lokasi ujiannya menunggu informasi dari BKN dan diwaktu bersamaan BKPSDM juga memproses pengadaan PPPK fungsional guru yang jumlah pelamarnya 1.036 orang.

Hadir Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Asisten Administrasi Umum Helfy Rahmy Harun, Inspektur Desi Rima, Kepala BKPSDM Jasrinaldi, Direktur RSUD Hanafiah Batusangkar dr. Norman serta ratusan tenaga harian lepas dan sukarela diinstansi Dinas Kesehatan. (MG)
 
Top