JA.com, Limapuluh Kota (Sumatra Barat)--Kehadiran Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai organisasi pers di Luak Limo Puluh bertujuan untuk mewujudkan industri media siber yang sehat, mandiri dan bermartabat. Pers memiliki peran besar dalam menyampaikan informasi terkait program-program pemerintah kepada masyarakat.

"SMSI diharapkan dapat menjalin sinergitas dengan pemerintah dan berkontribusi dalam pembangunan daerah baik di Kabupaten Limapuluh Kota maupun Kota Payakumbuh," kata Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri, dan Pj Walikota Payakumbuh Rida Ananda,

Senada, Ketua SMSI Provinsi Sumatera Barat Zulnaidi, Ketua SMSI Luak 50 terpilih Syafri Ario pada pelantikan Pengurus SMSI Payakumbuh-Limapuluh Kota (Luak 50) periode 2022-2027 yang diselenggarakan di Aula Kantor Walikota Payakumbuh, Selasa (20/12/2022).

Hadir,  Mantan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Wakapolres Kota Payakumbuh Kompol Russirwan, Kepala Diskominfo Limapuluh Kota Eki Hari Purnama, Kepala Diskominfo Kota Payakumbuh Junaidi, perwakilan unsur Forkopimda, dan Ketua PWI Luak 50 Aspon Dedi.

Wabup Rizki mengucapkan selamat kepada pengurus SMSI Luak 50 yang telah dilantik. “Semoga amanah dan SMSI bisa berkontribusi menghadirkan pers hebat di Kabupaten Limapuluh Kota,” ujarnya.

Menurut Wabup Rizki ada beberapa kriteria yang dipenuhi untuk membawa organisasi pers yang utuh di masa yang akan datang. “Pertama, pers menjadi penyambung pemerintah dalam menyampaikan program-program pemerintah sekaligus sebagai penyeimbang pemberitaan,” tuturnya.

Dikatakan, kriteria kedua, pers yang bisa menjadi penyambung aspirasi masyarakat kepada Pemerintah.  Ketiga adalah kontrol sosial dimana menjadi pengawas terhadap kinerja pemerintahan. “Maka berdirilah sebagai media yang independen untuk tujuan percepatan pembangunan daerah yang kita cinta ini,” pungkas Wabup Rizki.

Pj Walikota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan, semoga SMSI mengemban amanah dengan profesional. "Saya, berharap SMSI dan PWI dapat menjalankan tugas masing-masing sebagai ujung tombak dalam memberikan informasi kepada masyarakat," harapnya.

Sementara itu, Ketua SMSI Provinsi Sumatera Barat Zulnaidi mengatakan SMSI adalah organisasi pers yang beranggotakan perusahaan media siber. Tujuan utamanya adalah mewujudkan ekosistem industri media siber yang sehat, mandiri dan bermartabat.

“Kedepannya kami berharap SMSI dapat menjadi mitra Pemerintah Daerah dalam upaya-upaya pembinaan media siber di kedua daerah,” ujarnya.

Ketua SMSI Luak 50 terpilih Syafri Ario mengatakan SMSI hadir di Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh untuk mewujudkan pers sehat, berkompeten, dan bermartabat serta mandiri.”SMSI dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah,” pungkasnya. (MG)
 
Top