JA.com, Tanah Datar (Sumatra Barat)--Sedikitnya, 171 orang ikuti seleksi calon Kafilah  untuk mewakili Tanah Datar di ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke XL Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang akan terselenggara di Kota Solok Selatan tahun 2023 mendatang.

Dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, di gedung Islamic Centre, Pagaruyung, Rabu (30/11). Seleksi calon kafilah untuk 31 cabang  itu, berlangsung  dari tanggal 30 November sampai dengan 1 Desember 2023.

“Insya Allah pada tahun 2023, kita akan mengikuti MTQ Nasional ke XL Tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan. Untuk menghadapi ajang tersebut, tentu kita perlu melakukan persiapan yang matang bagi Kafilah,” katanya.

Ia berharap dari penyelenggaraan seleksi calon Kafilah itu, lahir Qori dan Qoriah terbaik asal luhak nan tuo yang mampu meraih kembali juara umum, seperti pada ajang MTQ Nasional XXXVIII Sumbar di tahun 2019.

“Tentunya pada pelaksanaan MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan. Kita akan berupaya untuk meraih kembali juara umum yang saat ini dipegang Kota Padang. Dengan semangat, kerja keras dan keseriusan. Hal tersebut dapat kita raih kembali,” ujar Bupati Eka.

Sementara itu, Ketua LPTQ Tanah Datar yang juga Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH. MH mengatakan penyelenggaraan seleksi calon Kafilah Tanah Datar hasil dari rapat  LPTQ Tanah Datar agar lebih mematangkan persiapan Kafilah di ajang Nasional XL Tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan.

“Insha Allah, MTQ Nasional XL Tingkat Provinsi Sumbar di Kabupaten Solok Selatan diperkirakan akan terlaksana di bulan November 2023, mudah-mudahan tidak ada perubahan. Maka dari itu, ikan sempat, ikan gabus, makin cepat, lebih bagus,” ujar Ketua LPTQ Richi Aprian.

Turut hadir pada saat itu, Kakan Kemenag Tanah Datar H. Syahrul, Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar H. Afrizon, Kabag Kesra Setda Tanah Datar Dadan Hendarsyah, Sekretaris LPTQ Tanah Datar Ali Nardius dan Pelatih Kafilah se Tanah Datar. (MG)
 
Top