JA.com, SOLSEL - Safari ramadan terakhir PT Supreme Energy Muara Laboh (PTSEML) di 1439 Hijriyah bermuara di masjid Huddalil Muttaqin Jorong Pekonina, Nagari Alam Pauh Duo, Solok Selatan pada Kamis (7/6/2018). Artinya, ditahun ketujuh kegiatan safari ramadan PTSEML telah mengunjungi sekitar 90 masjid se-Solok Selatan. Masjid ini berada di pintu masuk kawasan perusahaan.

Field Representatif PT SEML, Bujang Joan Dt Panyalai, menyampaikan di akhir kegiatan safari ramadan, sengaja dipilih 'kandang'. "Ini sebagai simbol pulangnya kembali tim yang bertugas selama ini. Berangkat di awal ramadan dulu dari Pekonina, dan pulang kembali diakhir perjalanan tim ini juga di Pekonina," ungkap Bujang Joan.

Kepada jamaah yang hadir, Bujang Joan menyampaikan jika pengorbanan masyarakat Pekonina dan  masyarakat Solok Selatan dalam menerima kehadiran Supreme Energy, dalam waktu dekat akan membuahkan hasil. Sumber panas bumi yang diolah menjadi energi listrik, sudah akan beroperasi. "Tahun ini juga, gardu induk dari PLN akan dibangun," katanya.

Pembangunan lainnya, berupa jaringan listrik, juga sudah dilakukan yang jaringan kabelnya sampai ke daerah Dharmasraya. "Akhir 2019, mudah-mudahan sudah bisa menikmati listrik PLN yang bersumber dari panas bumi daerah Pekonina ini," ulasnya.

Keberadaan PTSEML di Pekonina, diharapkan Bujang Joan Dt Panyalai, bisa memberi dampak positif bagi masyarakat. "Pengorbanan masyarakat yang begitu besar untuk pembangunan energi terbarukan ini, semoga berbalas peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan," katanya.

Meski yang bisa dirasakan saat ini baru terkait tenaga kerja, ganti rugi lahan yang terpakai, jasa dan proyek sesuai kebutuhan perusahaan. Kedepannya diupayakan bisa lebih luas lagi. "Dari perusahaan, secara bertahap akan terus memberikan bantuan dan pembinaan terhadap masyarakat. Baik bantuan untuk penunjang ekonomi, pengembangan budaya dan pendidikan dan aspek-aspek lainnya," ungkapnya.

Hal itu, akan ditunjang dengan pembangunan berbagai fasilitas umum. Seperti pembangunan GOR, pasar rakyat, jalan dan lainnya. Dengan itu semua, diharapkannya, wajah Nagari Pauh Duo Pekonina akan berubah menjadi lebih baik dan masyarakatnya lebih maju.

Kehadiran tim mendapat sambutan hangat jamaah masjid. Selain karena personil dari tim yang dipimpin Bujang Joan yang sudah dikenal baik masyarakat, juga karena penceramah yang dihadirkan, Ustad Romi dari Kota Padang, memberikan ceramah yang dirasa mengena dihati jamaah. Dalam kesempatan itu, PTSEML memberikan bantuan untuk masjid sebesar Rp3,5 juta. (Rls)
 
Top