JA.com, (Solsel) -- Program Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) bagi penyandang disabilitas resmi dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan Ir. Yulian Efi di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan, Senin 10/4.

Dalam sambutannya, Yulian Efi menyatakan bahwa program UPSK ini bisa dapat menyadarkan kita betapa pentingnya arti kehidupan, sehingga kita tidak melakukan diskriminasi kepada penyandang disabilitas. 

“Kita harus terus memberikan motivasi dan semangat kepada penyandang disabilitas agar mereka tidak putus asa akan kekurangannya”.ucapnya.

Kemudian dia melanjutkan bahwa UPSK merupakan salahsatu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial yang berfungsi membeikan layanan konsultasi, pemeriksaan kesehatan, rujukan bagi penyandang disabilitas atau Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lainnya. 

“Saya berharap UPSK dapat memberikan pelayanan rehabilitasi sosial dan pelatihan keterampilan kepada penyandang disabilitas sehinggga mereka mampu melaksanakan fungsi sosialnya dalam tatanan kehidupan dan penghidupan masyarakat”. Harapnya

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat Drs. Suyanto mengatakan bahwa UPSK merupakan kegiatan luar panti yang merupakan sarana pelayanan bergerak yang bersifat multidispliner dan lintas sektor antara lain bidang sosial, pendidikan dan kesehatan.

“Kegiatan UPSK diarahkan menjangkau lokasi penyandang disabilitas sampai ke tingkat nagari agar memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial sedini mungkin” Katanya

Berdasarkan data Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Kabupaten Solok Selatan pada tahun 2017 penyandang disabilitas di Solok Selatan tercatat sebanyak 70 orang cacat Fisik, 37 orang cacat mental dan 105 orang cacat fisik dan mental.
Kedepan para penyandang disabilitas ini tentu akan dapat menjadi perhatian serius Pemkab. Solsel untuk bisa memberi tempat dan ruang bagi mereka dalam mengisi kegiatan pembangunan di kabupaten berjuluk Sarantau Sasurambi ini.(Map)
Area lampiran
 
Top