JA.com, Siberut Selatan (Sumatera Barat)--Pemerintah Kabupaten Mentawai terus melaju untuk pembangunan fisik dan non fisik daerahnya. Untuk tahun anggaran 2017, pemerintah kerjasama dengan TNI melalui program Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 98 dan dibuka Pj Bupati Mentawai, Syafrizal pada Rabu (5/4) itu berpusat di Desa Maileppet, Siberut Selatan. 

Pj. Bupati Syafrizal mengatakan “Pemerintah kerjasama dengan Program TMMD yang kini dilakukan di Siberut Selatan ini adalah pro gram dari pemerintah pusat.Untuk itu disin kronisasikan dengan program pemerintah daerah guna meningkatkan aspek pemba ngunan fisik dan nonfisik pada daerah-daerah.” ujar Syafrizal 

Tambahnya, melalui TMMD yang dibiayai APBD Kabupaten Mentawai itu, Pemerintah setempat merasa terbantu, dalam pembu kaan lahan atau jalur baru yang akan dibangun, dengan kehadiranTNI pada TMMD ini masyarakat justru lebih merasa yakin dan percaya bahwa kegiatan ini untuk masyarakat." katanya di usai acara.

Dengan pembukaan lahan baru ini sepan jang 5 km, dengan menggunakan pihak ketiga akan menelan biaya yang besar, maka dengan pelaksanaan TMMD itu bisa meminimkan anggaran pengeluaran, namun bukan itu saja yang perlu kita pahami dibalik TMMD itu adalah tumbuhnya kembali sema ngat kebersamaan dalam gotong royong pada masyarakat, itu yang arti pentingnya" ucap Syafrizal 

Lain tempat, Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 032/Wirabraja, Kolonel Inf Asep Afan di yang mewakil Danrem pada pembukaan TMMD di Mentawai menjelaskan," kegiatan TMMD ke 98 ini secara keseluruhan kegiatan TMMD itu ada 68 Satgas, sedang di Sumbar ada dua Satgas, pertama di Mentawai dan kedua di Kabupaten Padangpariaman,” kata Asep. 

Ada dua kegiatan yang dilakukan di Mentawai ini, sebut Asep, pertama segi fisik yaitu pembukaan jalan sepaniamg 5000 meter dengan lebar 12 meter, lalu rehab 6 unit rumah, pembenahan jalan menuju rumah ibadah.

Sedangkan kegiatan nonfisik meliputi penyuluhan sosial, KB, penyalahgunaan obat-obat terlarang, penyuluhan program tanam cabai dan juga penyuluhan menyangkut hukum dan kamtibmas. (micke)




 
Top