JA.com, (Solsel) -- Sekretaris Daerah Solok Selatan Ir. Yulian Efi membuka Diklat Kepemimpinan bagi Pejabat Eselon IV (Pengawas) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan. Pembukaan Diklat PIM IV Angkatan II ini diselenggarakan di Wisma Umi Kalsum Muara Labuh, Kamis 13/4.

Diklat PIM IV angkatan II ini merupakan pola baru yang akan berlangsung selama 4 bulan dari tanggal 13 April s/d 25 Agustus 2017 dan diikuti oleh 30 orang peserta. 

Dalam sambutannya, Yulian Efi mengatakan peserta Diklat ini merupakan para pemimpin yang masih muda dan harus mampu membuat perubahan. Perubahan tersebut tidak sekedar melakukan perombakan fisik dan penambahan angka kuantitatif. 

“lebih difokuskan kepada perubahan yang bisa menjawab tuntutan lingkungan dan kepuasan publik”. Katanya

Pejabat eselon IV harus memiliki kapasitas dan kapabilitas untuk menjalankan roda pemerintahan yang efektif dan efisien. 

"hal itu dibutuhkan untuk mewujudkan Solok Selatan yang sejahtera dan religius" lanjutnya. 

Sementara itu, Kabid Pengembangan Kompetensi Jabatan Fungsional BPSDM Sumbar Ir. H. Khairanti Khairanis, M.Si mengatakan bahwa pejabat struktural eselon IV memainkan peranan yang sangat menentukan dalam perencanaan kegiatan instansi pemerintahan. 

"karena itu pejabat eselon IV harus memiliki  kemampuan perencanaan kegiatan dan memiliki kemampuan mempengaruhi dan memobilisasi bawahan serta stakeholder strategis agar setiap kegiatan berjalan dengan baik". Ucapnya

Kemudian satu hal yang sangat penting dan mesti melekat pada diri seorang pemimpin adalah kemampuan untuk melakukan inovasi. 

"tujuan utama dari diklat ini adalah untuk membentuk pemimpin yang inovatif".tuturnya.(Map)
 
Top